Jurnal Haji /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 02/08/2019 08:08 WIB

Kemenag Tidak Fasilitasi Ibadah Tarwiyah

Jemaah haji di Masjidil Haram
Jemaah haji di Masjidil Haram
MEKKAH, DAKTA.COM - Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU) Kemenag RI, Nizar Ali menyatakan pihaknya tidak memfasilitasi para jemaah haji untuk melakukan ibadah tarwiyah. 
 
"Untuk melakukan ibadah tarwiyah itu membutuhkan energi yang besar sehingga dikhawatirkan mereka akan kelelahan ketika menjalani wukuf di Arafah," papar Nizar di Mekkah sebagaimana dilansir oleh Humas Kemenag RI, Jumat (2/8).
 
Meskipun begitu, Nizar tidak melarang apabila ada jemaah yang akan melaksanakan ibadah tarwiyah tetapi menjadi tanggung jawab pribadi ataupun kelompok apabila melakukannya secara rombongan. 
 
"Tentu saja itu tidak bisa kami larang, sepanjang ada pertanggungjawaban secara mandiri, karena itu kemauan pribadi," imbuhnya. 
 
Sementara itu Kepala Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daker Mekkah, Subhan Cholid mengimbau agar para jemaah haji untuk menjaga kondisi fisik mereka karena saat ini cuaca di Arab Saudi bisa mencapai 45 derajat celcius. 
 
"Kegiatan ibadah yang dilakukan oleh para jemaah hendaknya mengikuti apa yang telah dibimbing oleh petugas sehingga akan menghemat energi saat wukuf di Arafah," ungkap Subhan. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 347 Kali
Berita Terkait

0 Comments