Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 01/08/2019 15:32 WIB

Yuk, Belajar Bahasa Jepang di FKIP Uhamka

Bincang Pendidikan bersama Dosen Bahasa Jepang FKIP Uhamka
Bincang Pendidikan bersama Dosen Bahasa Jepang FKIP Uhamka
BEKASI, DAKTA.COM - Jepang merupakan negara yang terkenal dengan kedisplinannya, terlebih orang Jepang sangat menghormati salam dan menghargai budaya aslinya.
 
Karena kurangnya sumber daya manusia (SDM), Jepang membuka lapangan pekerjaan bagi orang asing. Sehingga banyak masyarakat Indonesia yang belajar bahasa Jepang untuk bekerja di sana.
 
"Belajar bahasa Jepang memang cukup sulit, karena huruf-huruf bahasa Jepang ada tiga jenis, yaitu Hiragana, Katakana, dan Kanji," kata Dosen Prodi Bahasa Jepang FKIP Uhamka, Ayu Putri Seruni dalam Bincang Pendidikan di Radio Dakta, Kamis (8/1).
 
Ia menuturkan, banyak masyarakat Indonesia yang ingin kerja di Jepang bukan karena gajinya saja yang besar hingga 15-20 juta, melainkan kehidupan di sana yang unik dan orang-orang yang ramah.
 
"Makanya mahasiswa di Uhamka digenjot mempelajari Bahasa Jepang. Selama dua semester mahasiswa Uhamka akan belajar di laboratorium bahasa dan juga ada wrokshop," terang Ayu.
 
Sementara itu Dosen Prodi Bahasa Jepang FKIP Uhamka, Ana Natalia menyampaikan, Universitas Pro. Dr. Hamka (Uhamka) bekerja sama dengan universitas di Tottori Jepang, sehingga mahasiswa memiliki peluang untuk mendapatkan beasiswa perkuliahan di sana.
 
Menurutnya, mahasiswa juga diajarkan dalam merangkai aplikasi untuk belajar bahasa Jepang. Sehingga alumni Uhamka tidak hanya menjadi seorang guru tetapi ada yang membuat aplikasi belajar bahasa Jepang.
 
"Untuk program magang, kita tidak membatasi mahasiswa jika magang di sekolah menjadi guru ataupun ke industri. Semuanya diserahkan ke masing-masing mahasiswa," ucap Ana. **
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 421 Kali
Berita Terkait

0 Comments