Jurnal Haji /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 31/07/2019 13:55 WIB

Tenda Jemaah Haji di Armuzna Siap Digunakan

Jemaah haji melaksanakan sholat di depan Kakbah
Jemaah haji melaksanakan sholat di depan Kakbah
JAKARTA, DAKTA.COM - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Nizar Ali memastikan fasilitas untuk para jemaah haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) sudah siap untuk digunakan pada puncak ibadah haji. 
 
"Kami sudah meninjau sejumlah tenda yang akan digunakan para jemaah haji pada saat puncaknya nanti. Ini baru peninjauan awal yang terlihat sudah siap untuk digunakan," ungkap Nizar saat meninjau jemaah haji di Mekkah pada Rabu (31/7).
 
Nizar juga menyatakan telah memastikan penggunaan pendingin udara telah disiapkan untuk mencegah jemaah haji asal Indonesia merasakan dehidrasi karena saat ini cuaca di Arab Saudi bisa mencapai 45 derajat celcius. 
 
"AC (pendingin udara) ini memang kami antisipasi terhadap musim panas di Arab Saudi dalam beberapa tahun terakhir, ini digunakan mengingat banyak jemaah yang wafat akibat suhu tinggi," imbuhnya. 
 
Pada tahun ini, selain diberikan fasilitas pendingin ruangan, seluruh tenda jemaah haji asal Indonesia diberikan nomor sesuai kloter dan embarkasi untuk memberikan kemudahan kepada mereka saat puncak ibadah haji. 
 
"Meskipun begitu, kami tetap mengimbau agar para jemaah haji menggunakan gelang identitas mereka selama melaksanakan ritual ibadah haji," tutupnya. 
 
Sementara itu berdasarkan data dari Siskohat Kemenag RI, jumlah jemaah haji yang tiba di tanah suci hingga siang ini berjumlah sebanyak 177.157 orang dari 439 kloter, sedangkan jumlah jemaah haji yang meninggal dunia bertambah menjadi 43 orang. **
 
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 215 Kali
Berita Terkait

0 Comments