Nasional /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 15/05/2019 13:23 WIB

Persiapan Mudik, 26 Gardu di Tol Cipali Dibuka

Pintu Tol Cipali, Palimanan
Pintu Tol Cipali, Palimanan
JAKARTA, DAKTA.COM - Saat ini kami dari tim ekspedisi mudik dakta tengah berada di tol Cikampek Palimanan atau Cipali, arah ke Jakarta, setelah sebelumnya kami memantau Jalan Pantura hingga ke Palimanan Cirebon
 
Berdasarkan pantauan di Tol Cipali kondisinya masih lenggang, hal ini tentunya berbeda pada saat arus mudik nanti.
 
Kami juga memantau perbaikan jalan di Tol Cipali juga terlihat di beberapa titik khususnya di jalan yang rusak dan longsor. Terlihat perbaikan dilakukan di KM 142, 160, dan beberapa titik lainnya.
 
Terkait dengan kesiapan mudik, PT. LMS selaku operator Tol Cipali akan membuka 26 gardu tol saat musim Lebaran 2019.
 
Selain memaksimalkan pembukaan gardu, tol Cipali juga akan diterapkan satu arah saat arus mudik dan balik.
 
Untuk keselamatan di jalan Tol Cipali juga disiapkan, lampu strobo biru yang akan aktif pada malam hari di lima titik.
 
Selain itu, pihak LMS juga akan membuat "rumble strip" di bahu jalan sejauh 28,5 KM, tali baja sepanjang 16 KM agar tidak ada kendaraan yang menyeberang ke jalur berlawanan arah, video trone sebanyak enam buah, dan beragam aktivitas kampanye keselamatan lainnya.
 
LMS menilai penyebab kecelakaan yang terjadi di Tol Cipali terutama karena tertabrak dari belakang, baik karena hendak mendahului ataupun mengantuk saat mengemudi.
 
Jalan Tol Cipali dimulai dari Km 72, melewati Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, dan berakhir di Km 188 Palimanan, Kabupaten Cirebon.
 
Sejak dibuka pada 13 Juni 2015, Jalan Tol Cipali mampu mempersingkat jarak perjalanan dari Cikampek ke Cirebon sejauh 40 km dibandingkan dengan perjalanan melalui Pantura Jawa Barat. Tren aktual lalu lintas harian rata-rata pada tahun lalu sebanyak 72.085 kendaraan.
 
Rest Area Tol Cipali terbagi menjadi dua kategori nih, yaitu tipe A dan tipe B. Tipe A merupakan rest area yang menyediakan SPBU, jadi saat pengendara mulai kehabisan bahan bakar, bisa menuju rest area Tipe A untuk mengisi bahan bakar. Sedangkan tipe B adalah rest area tanpa fasilitas SPBU.
 
Berikut ini daftar rest area Tol Cipali yang bisa ditemui di sepanjang jalan tol menuju Cikopo-Palimanan:
 
Rest Area Cikopo – Palimanan:
– KM 86 B
– KM 102 A
– KM 130 B
– KM 166 A
 
Fasilitas yang bisa kamu temukan saat berada di rest area Tol Cipali dengan Tipe A adalah SPBU, mushola, tempat parkir, rumah makan, ATM, toilet, layanan kesehatan, hingga Bengkel Siaga.
 
Rest Area Palimanan – Cikopo
– KM 164 A
– KM 130 B
– KM 101 A
– KM 86 B
 
Fasilitas yang bisa kamu temukan saat berada di rest area dengan tipe B adalah mushola, tempat parkir, rumah makan, ATM, dan toilet.
 
Selain delapan rest area Tol Cipali di atas, terdapat juga 2 Parking Bay yang bisa pengendara nikmati sebagai tempat beristirahat. Diantaranya adalah KM 153 untuk pengendara yang akan menuju arah Cirebon, dan KM 155 untuk yang menuju arah Jakarta. Dengan masing-masing fasilitas berupa toilet.
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 160 Kali
Berita Terkait

0 Comments