Program / Ensiklopedia Islam /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 30/07/2019 15:39 WIB

Keutamaan Amanah Dalam Kehidupan Seorang Muslim

Keutamaan Amanah
Keutamaan Amanah
BEKASI, DAKTA.COM - Rekan dakta, keutamaan amanah bagi umat muslim diantaranya ada lima, diantaranya:
 
Pertama, jalan menuju kesuksesan. Allah Ta’ala menyebutkan salah satu golongan yang akan memperoleh kesuksesan/keberuntungan, adalah orang yang amanah sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur'an Surah Al-Mu’minun: ayat ke- 8.
 
Kedua, Amanah adalah sifat hamba-hamba mulia.
 
Amanah merupakan sifat para Nabi dan rasul, di dalam Al-Qur’an Allah Azza wa Jalla menceritakan hal ini. Nabi Nuh ‘alaihis salam berkata:
 
“Sesungguhnya aku adalah seorang rasul kepercayaan (yang diutus) kepadamu.” (surah asy-syu’ara: ayat ke-107​)
 
Ketiga,  amanah adalah tanda keimanan.
 
Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Tidak ada iman bagi orang yang tidak amanah dan tidak ada agama bagi orang yang tidak memmegang janji.” (HR. Ahmad)
 
Keempat, Amanah merupakan kekayaan hakiki yang menandingi dunia dan seisinya. 
 
Sebagaimana Rasululloh SAW bersabda:
 
“Empat hal jika dia ada dalam dirimu, engkau tidak merugi walupun kehilangan dunia: Menjaga amanah, berkata dengan jujur, berakhlak yang mulia dan menjaga makanan (dari yang haram).” (HR. Ahmad)
 
Kelima, Amanah merupakan salah satu kompentensi terpenting bagi seorang ‘amil (pekerja).
 
Hal ini seperti dikisahkan di dalam Al-Qur’an ketika salah seorang putri Nabi Syu’aib ‘alaihis salam merekomendasikan Nabi Musa ‘alaihis salam agar diangkat menjadi pekerja:
 
“Salah seorang dari kedua wanita itu berkata: ‘Wahai ayahku ambillah ia sebagai orang yang bekerja (pada kita), karena sesungguhnya orang yang paling baik yang engkau ambil untuk bekerja (pada kita) ialah orang yang kuat lagi dapat dipercaya." (Surah Al-Qasas: ayat ke-26)
 
Demikian lima keutamaan amanah, bagi kehidupan seorang muslim. Maka jangan ragu bagi kita untuk menjadi individu yang amanah. Wallahu 'Alam Bishawab.

 

Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 2215 Kali
Berita Terkait

0 Comments