Nasional /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 14/05/2019 12:43 WIB

Antisipasi Kemacetan Saat Mudik, GT Cikarang Utama Dipindah

Gerbang Tol Cikarang Utama 1
Gerbang Tol Cikarang Utama 1
JAKARTA, DAKTA.COM - Perjalanan Tim Ekspedisi Mudik Dakta 2019 saat ini Selasa (14/5) tengah berada di jalan tol Jakarta Cikampek.
 
Perjalan ekspedisi mudik dakta 2019 dimulai saat memasuki gerbang pintu tol Bekasi Barat, kendaraan sudah mulai padat di tol Jakarta Cikampek, dengan kecepatan 40 kilometer per jam.
 
Padatnya jalan tol Jakarta Cikampek akibat adanya pengerjaan tiga proyek nasional diantaranya jalan tol layang, kereta ringan LRT, disisi utara, dan kereta cepat disisi selatan.
 
Adanya kepadatan di jalan tol Jakarta Cikampek ini tentunya akan diantisipasi oleh berbagai instansi, salah satunya Jasa Marga sehingga memperlancar saat arus mudik 2019 nanti mengingat akan ada 120 ribu kendaraan lewat setiap harinya.
 
Berdasarkan informasi yang dihimpun, gerbang tol Cikarang Utama akan dipindahkan, di kilometer 70 Cikampek dan 62 Kalihurip.
 
Berdasarkan pantauan Dakta, fasilitas gerbang tol Cikarang Utara sudah mulai dilepaskan, nantinya empat jalur dibebaskan sehingga kendaraan dapat langsung melintas.
 
Selain pemindahan gerbang tol Jasa Marga menyiapkan berbagai hal lain seperti penambahan marka jalan penambahan petugas untuk membantu typing menyiapkan mobil reader.
 
Tempat istirahat juga menjadi salah satu penyebab kepadatan kendaraan sehingga nantinya kendaraan akan diatur ke spbu mana yang menuju food court, serta mana yang menuju ke toilet sehingga tidak akan ada penumpukan untuk mencegah kepadatan.
 
Koor Lantas Mabes Polri juga telah menyiapkan operasi rekayasa satu jalur ke arah jawa pada musim mudik dan satu jalur ke arah Jakarta saat arus balik.
 
Skemanya dimulai dari Bekasi sampai dengan Brebes, opsi satu arah saat mudik akan dimulai di KM 25 setelah jalur keluar Cibitung sampai dengan KM 262 Brebes digunakan suatu jalur dari Jakarta menuju ke Cirebon dan berbagai daerah di Jawa Tengah hingga ke Jawa Timur.
 
Saat sistem satu arah diberlakukan kendaraan dari arah Cipularang menuju ke Jakarta dialihkan ke Pantura hingga masuk kembali ke Cikarang Barat. Sementara dari Cipali menuju Jakarta dialihkan ke Pantura hingga masuk kembali ke Cikarang Barat. 
 
Untuk Arus Balik skema akan diperlakukan mulai dari KM 189 gerbang tol Palimanan hingga Cibitung.
 
Kendaraan yang hendak menuju Bandung dari Jakarta saat arus balik diarahkan menuju ke jalur Arteri dan baru dapat masuk ke gerbang tol Cikampek atau Purwakarta begitu juga kendaraan dari Jakarta menuju Jawa Tengah diarahkan menggunakan jalur Arteri dan baru dapat masuk ke tol gerbang Palikanci.
 
Ketika diberlakukan sistem satu arah semua fasilitas tetap beroperasi termasuk tempat istirahat tempat istirahat digunakan meski berada di sisi kanan atau kiri.
 
Satu arah yang akan diterapkan ini, masih dalam pematangan dan belum diputuskan.
 
Untuk mencegah kepadatan kendaraan aktivitas konstruksi pengerjaan dalam tol akan dihentikan mulai dari H-10 hingga H+10 lebaran.
 
Pembatasan kendaraan musim mudik dilakukan hanya kendaraan berat pada 31 Mei hingga 2 Juni 2019. Sementara truk espor impor diperbolehkan melintas hanya saja harus memasang stiker agar memudahkan dalam proses pengawasan di lapangan.
 
Kami ingatkan juga bagi anda yang berencana akan mudik, diimbau berhati-hati karena kondisi jalan di jalan tol Jakarta Cikampek cenderung bergelombang di dari mulai kilometer 35 hingga kilometer 40.
 

Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 203 Kali
Berita Terkait

0 Comments