Nasional /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 14/05/2019 13:50 WIB

Mudik Lebaran, 10 Rest Area dan 5 Parking Bay Disiapkan di Tol Japek

Ilustrasi rest area
Ilustrasi rest area
JAKARTA, DAKTA.COM - Jalan Tol Jakarta Cikampek merupakan jalur utama kendaraan dari Jakarta menuju Jawa Barat hingga Jawa Tengah dan Jawa Timur, atau sebaliknya.
 
Setiap momen mudik Lebaran, tol Jakarta Cikampek menjadi perlintasan favorit pemudik yang hendak menuju kampung halaman.
 
Jalan tol sepanjang 73 Kilometer yang membentang dari Cawang Jakarta Timur hingga Cikampek, Kabupaten Karawang itu menyediakan sejumlah titik tempat istirahat atau rest area yang dapat digunakan pengguna jalan tol untuk berisitirahat.
 
Dari pantauan Dakta di lokasi dalam program Ekspedisi Mudik 2019, setidaknya ada 10 rest area dan 5 parking bay di kedua arah yang bisa dimanfaatkan pengendara apabila kelelahan saat arus mudik nanti.
 
Jumlah parking bay di ruas tol Jakarta Cikampek ada lima unit. Tiga unit mengarah ke Cikampek dan dua unit mengarah ke Jakarta.
 
Tiga unit parking bay yang mengarah ke Cikampek berada di KM 18 menampung 88 kendaraan, lalu di KM 41 dengan kapasitas 42 kendaraan dan KM 59 yang mampu menampung 42 kendaraan.
 
Dua unit parking bay yang mengarah ke Jakarta berada di KM 34 dengan kapasitas 70 kendaraan dan KM 58 dengan kapasitas 71 kendaraan.
 
Sedangkan untuk rest area, tol Jakarta-Cikampek memiliki 10 unit yang berada di kedua arah.
 
Lima unit mengarah ke Cikampek pertama di KM 19 kapasitas 300 kendaraan, KM 33 kapasitas 80 kendaraan dan tanpa SPBU, KM 39 kapasitas 650 kendaraan, KM 50 kapasitas 80 kendaraan tanpa SPBU, dan KM 57 dengan kapasitas 218 kendaraan.
 
Sedangkan sisanya lima unit rest area berada di ruas tol mengarah ke Jakarta di KM 71, KM 62, KM 52, KM 43, dan KM 32.
 
Untuk parking bay, tersedia fasilitas seperti tempat parkir, mushola, dan toilet. Sementara untuk rest area tersedia berbagai fasilitas.
 
Pada tahun ini, Jasa Marga akan mengupayakan pengaturan kendaraan yang menuju rest area agar tidak terjadi penumpukan, dimana akan diatur menuju ke SPBU, food court, maupun toilet. **
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 282 Kali
Berita Terkait

0 Comments