Pemilu 2019 /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 14/05/2019 13:23 WIB

Komnas HAM Tidak Menduga Korban Petugas Pemilu Sangat Besar

Wakil Ketua Komnas HAM, Hairansyah
Wakil Ketua Komnas HAM, Hairansyah
JAKARTA, DAKTA.COM - Wakil Ketua Komnas HAM, Hairansyah mengaku tidak menduga kematian petugas Pemilu 2019 dengan jumlah yang sangat besar. 
 
"Sesungguhnya kami sudah membentuk tim pemantau pemilu sejak sebelum pelaksanaan pemungutan suara, tetapi memang kami sama sekali tidak menduga jika kasus kematian para petugas penyelenggara pemilu ini menjadi begitu besar dan menjadi perhatian publik," ungkapnya di kantor Komnas HAM, Jalan Latuharhari No. 4B, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/5). 
 
Hairansyah memaparkan, tim mereka akan mencari keterangan dari para keluarga korban mengenai bagaimana kondisi terakhir sebelum bertugas dan juga informasi dari petugas lain tentang kondisi yang ada saat proses penghitungan suara. 
 
"Tentunya tim kami di lapangan akan menggali keterangan dan informasi, bisa dari keluarga, petugas yang dirawat di rumah sakit, atau juga petugas lainnya yang memantau secara langsung proses penghitungan suara," terangnya. 
 
Hairansyah menargetkan hasil rekomendasi dari temuan mereka akan dirilis paling lambat pada 21 Mei 2019 mendatang.
 
 
Sebelumnya Ikatan Keluarga Besar UI menuntut Komnas HAM untuk segera membentuk tim khusus untuk melakukan investigasi terhadap kasus kematian para petugas penyelenggara Pemilu yang sudah mencapai lebih dari 500 orang. **
 
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 200 Kali
Berita Terkait

0 Comments