Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Senin, 29/07/2019 14:12 WIB

PUG; Wujudkan Kesetaraan dan Keadilan Gender

Seminar nasional dengan tema Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Tempat Kerja 1
Seminar nasional dengan tema Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Tempat Kerja 1
CIKARANG, DAKTA.COM - Kantor Pelayanan Pajak dan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean A Bekasi menggelar seminar nasional dengan tema Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Tempat Kerja.
 
Dalam kegiatan yang digelar di di Kantor Bea Cukai kawasan MM2100, Senin (29/7) dihadiri oleh pejabat kantor palayanan di wilayah Jawa Barat dan Banten.
 
Dalam sambutannya Kepala Kantor Wilayah Dirjen Bea Cukai Jawa Barat, Saipullah Nasution mengatakan seminar nasional yang digelar ini merupakan bagian dari program Pengurustamaan Gender (PUG).
 
Pengurustamaan Gender atau disingkat PUG adalah strategi yang dilakukan secara rasional dan sistimatis untuk mencapai dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam sejumlah aspek kehidupan manusia (rumah tangga, masyarakat dan negara), melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki ke dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program diberbagai bidang kehidupan dan pembangunan.
 
PUG merupakan amanah nasional dan sudah dibentuk satuan kerjanya di kementrian keuangan, sehingga menciptakan lingkungan kerja yang bebas dari kekerasan.
 
"Implementasi pengurastamaan gender sudah dilakukan di beberapa kantor pajak sehingga nantinya dapat memberikan kenyamanan bagi pekerja wanita," katanya.
 
Dalam seminar ini juga akan dirumuskan mengenai langkah terkait pengurastamaan gender.
 
"Penerapan terkait pengurastamaan gender juga menjadi perhatian bagi organisasi kepabeanan dunia, world custom organisation (WCO), oleh karena itu seluruh elemen bea cukai mesti memahami hal itu," tuturnya.
 
Sementara itu dalam kegiatan seminar untuk pembicara yang hadir adalah Ratna Susianawati selaku Staf Ahli bidang komunikasi dan Pembangunan kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Padmoyo Triwikanto selaku Kepala Kantor DJP Sulawesi Selatan. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 209 Kali
Berita Terkait

0 Comments