Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Senin, 29/07/2019 15:32 WIB

Harga Cabai Selalu 'Pedas' Setiap Tahunnya

Pedagang cabai di pasar
Pedagang cabai di pasar
JAKARTA, DAKTA.COM - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah atau tahun 2019 ini, harga bahan pokok di Indonesia masih terbilang cukup tinggi. 
 
Banyak yang mengeluhkan harga cabai merah di pasaran masih dijual di atas Rp50.000 per kilogram, dari harga normal Rp25.000 per kilogram.
 
Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Rusli Abdullah menyebut memang hampir setiap tahun dan pada momen tertentu kenaikan harga cabai selalu terjadi.
 
"Ini yang menjadi pertanyaan kenapa harga cabai naik di setiap tahunnya. Ada yang salah dari sisi suplainya, bahwa produk cabai hanya bertahan 2-4 hari kemudian busuk," kata Rusli kepada Dakta, Senin (29/7).
 
Menurutnya, pemerintah harus memberikan solusi secara konkret agar kenaikan harga cabai tidak terjadi di setiap tahun dengan signifikan.
 
"Makanya harus ada pendistribusian secara merata di tiap daerah-daerah agar peningkatan kualitas cabai pun merata," ucapnya.
 
Selain itu, menurutnya, masyarakat bisa lebih cermat dalam menghadapi kenaikan cabai, misalnya membuat olahan dari cabai.
 
"Saya kira ketika panen melimpah, cabai bisa diolah sehingga saat ketersediaan barang sedikit masih ada cabai olahan yang bertahan lama," tuturnya. **
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 169 Kali
Berita Terkait

0 Comments