Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Senin, 13/05/2019 13:27 WIB

Catat, Jadwal Keberangkatan Mudik Gratis di Bekasi

Terminal bus
Terminal bus
BEKASI, DAKTA.COM - Kuota mudik gratis di Kota Bekasi menuju kota-kota besar di Indonesia sudah terisi penuh kuotanya. Sebanyak 5.280 kursi dari 120 bus yang disediakan Kementerian Perhubungan dan Provinsi Jawa Barat telah habis dipesan calon pemudik.
 
Kepala Seksi Angkutan pada Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Ikhwanudin Rahmat mengatakan, pendaftaran mudik gratis sudah berlangsung sejak Selasa, 26 Maret lalu di Kantor Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Jalan Pangeran Jayakarta, Kecamatan Medansatria. Pemerintah Kota Bekasi pun sudah menutup pendaftaran mudik gratis yang diadakan Provinsi maupun Kemenhub.
 
"Belum ada kabar kalau ada penambahan bus. Tetapi yang jelas ada 40 bus dari Jawa Barat dengan pendaftaran offline dan 80 bus dari Kemenhub dengan pendaftaran online," katanya kepada Dakta, Senin (13/5).
 
Ia menyampaikan, peserta mudik gratis dijadwalkan berangkat pada Sabtu, 1 Juni mendatang dengan titik keberangkatan di Summarecon Bekasi
 
"Seluruh titik keberangkatan di Summarecon Bekasi yang dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama yang mendaftar online pukul 10.00 WIB. Sedangkan yang mendatar offline pukul 02.00 WIB," ucap Ikhwanudin.
 
Ia menginformasikan, bagi masyarakat yang belum mendapatkan kuota masih mempunyai kesempatan mengikuti program mudik gratis ini.
 
"Masyarakat bisa memantau di kantor Dinas Perhubungan pada tanggal 25 Mei. Jadi calon pemudik yang tidak melakukan daftar ulang pada 21-25 Mei kita anggap mengundurkan diri. Sehingga masyarakat yang belum mendapatkan kuota bisa berkesempatan mengikuti program ini," jelasnya.
 
Warga yang berminat mengikuti program ini diharuskan mendaftar terlebih dahulu dengan menyerahkan fotokopi KTP dan Kartu Keluarga.
 
Ikhwanudin menjelaskan, untuk tujuan mudik sama seperti tahun lalu, yakni kota-kota dan kabupaten-kabupaten di Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Lampung.
 
Sementara, untuk bus dari Jawa Barat terbagi dalam dua rute, yakni 25 unit tujuan Solo dan 15 sisanya ke arah Yogyakarta. Bus tujuan Solo melintasi Pekalongan, Semarang, dan Boyolali, sementara bus tujuan Yogyakarta melalui Tegal, Bumiayu, Purwokerto, Banyumas, Kebumen, Purworejo, dan Wates.
 
Sedangkan dari kementerian untuk mengangkut penumpang ke lokasi tujuan yang lebih banyak, yakni kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, hingga Sumatera.  **
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 419 Kali
Berita Terkait

0 Comments