Jurnal Haji /
Follow daktacom Like Like
Senin, 29/07/2019 09:00 WIB

Antisipasi Kepadatan, Kemenag Imbau Jemaah Hindari Jam Sibuk

Jemaah haji di Masjidil Haram
Jemaah haji di Masjidil Haram
JAKARTA, DAKTA.COM - Kementerian Agama RI mengimbau para jemaah haji tidak langsung keluar dari Masjidil Haram pada waktu sibuk. Hal ini disampaikan oleh Pengendali Teknis Bimbingan Haji Kemenag RI, Oman Faturahman pada Ahad (28/7) waktu setempat.
 
"Menjelang puncak ibadah haji, para jemaah haji dari seluruh dunia sudah memadati kota Mekkah sehingga hal ini perlu diantisipasi," ungkap Oman. 
 
Oleh karena itu, Oman mengimbau agar para jemaah haji asal Indonesia tidak langsung keluar Masjidil Haram ketika usai salat Isya dan Subuh, melainkan untuk menunggu sekitar 30 menit hingga 1 jam untuk berzikir. 
 
"Pasalnya di waktu tersebut juga bersamaan dengan keluarnya jemaah haji lain dari berbagai belahan dunia sehingga dikhawatirkan jemaah haji akan tersesat dari rombongan," imbuhnya. 
 
Memasuki puncak ibadah haji, seluruh jemaah haji asal Indonesia dari Madinah sudah diberangkatkan menuju Mekkah, kloter terakhir yang berangkat menuju Mekkah adalah jemaah haji asal embarkasi Surabaya kloter 40. 
 
Dengan demikian petugas haji di Tanah Suci kini hanya berfokus untuk menerima kedatangan jemaah haji di kota Jeddah. 
 
Sementara itu berdasarkan data dari Siskohat Kemenag RI, hingga hari ini jumlah jemaah haji yang tiba di Tanah Suci, yakni sebanyak 163.003 orang dari 404 kloter dengan jumlah jemaah meninggal dunia mencapai 30 orang. **
 
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 439 Kali
Berita Terkait

0 Comments