Jurnal Haji /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 27/07/2019 13:11 WIB

150 Ribu Jamaah Tiba di Tanah Suci

Jamaah Haji
Jamaah Haji
MADINAH, DAKTA.COM - Jamaah haji Indonesia yang telah tiba di Tanah Suci, baik Makkah maupun Madinah, hingga Sabtu (27/7) pagi pukul 08.00 waktu Arab Saudi, telah mencapai 150 ribu orang lebih. Data ini dikutip dari Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kemenag RI, Sabtu pagi.
 
Tahun 2019, total kuota jamaah haji Indonesia sebanyak 231 ribu orang dengan perincian 214 ribu jamaah haji reguler dan 17 ribu jamaah haji khusus.
 
Sementara itu, jumlah jamaah sebanyak 150 ribu orang tersebut berasal dari 372 kloter. Dan mereka diberangkatkan dari 13 embarkasi haji di Tanah Air, seperti Embarkasi Padang, Medan, Jakarta-Pondok Gede, Jakarta-Bekasi, Banjarmasin, Balikpapan, Ujung Pandang, Lombok, Surabaya, Batam, Palembang, dan Solo.
 
Sementara itu, jamaah yang sudah diberangkatkan dari Madinah menuju Makkah mencapai 88 persen atau sebanyak 195 kloter, tersisa sekitar 35 kloter lagi yang berada di Madinah. Jamaah yang tersisa ini akan habis diberangkatkan ke Makkah pada Ahad (28/7)  besok.
 
Sampai Jumat malam,  jamaah yang berada di Madinah terus melaksanakan ibadah shalat arbain di Masjid Nabawi. Sebagiannya bahkan sudah diberangkatkan ke Makkah untuk persiapan mengikuti puncak ibadah haji.
 
Adapun jamaah haji yang wafat sebanyak berjumlah 23 orang. Tiga jamaah tambahan yang wafat bernama Amin Sutikno Ahmad Karjo dari kloter 2 Embarkasi Surabaya, dan Rabiun Daliman Arsyad, jamaah kloter 6 Embarkasi Lombok, dan Saleh Sailani Kardi dari Kloter 22 Embarkasi Surabaya.
 
[Oleh Syahruddin El-Fikri, dari Saudi]
 
Editor : Dakta Administrator
Sumber : Republika Online
- Dilihat 1384 Kali
Berita Terkait

0 Comments