Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 26/07/2019 15:44 WIB

Terus Merugi, BBWM Sewakan Kantornya Jadi Hotel

Kilang BBWM
Kilang BBWM
BEKASI, DAKTA.COM - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dimiliki pemerintah Kabupaten Bekasi, yakni PT. Bina Bangun Wibawa Mukti (BBWM) makin lama merasa kesulitan mencapai target pendapatan asli daerah (PAD).
 
Dari tahun ke tahun pendapatannya terus menurun, bahkan penyertaan modal yang diberikan oleh pemerintah daerah selalu habis untuk biaya operasional perusahaan.
 
"Bisnis gas yang selama ini dibidangi, kurang menunjukkan tren yang baik, selain karena kandungan gas bumi yang makin turun, sejumlah faktor eksternal juga memengaruhi turunnya bisnis gas bagi perusahaan daerah", ujar Prananto Sukodjatmoko, Direktur Utama PT. BBWM.
 
Dalam peraturan yang ditetapkan saat ini, alokasi bagi perusahaan gas daerah dikurangi. Mayoritas alokasi gas lebih diarahkan pada Badan Usaha Milik Nasional (BUMN). Turunnya harga gas dunia juga berpengaruh pada kinerja keuangan perusahaan.
 
"Penghasilan gas perhari yang dahulu sebanyak 32 mmscfd, kini turun drastis menjadi 4 mmscfd, sehingga dengan minimnya produksi itu berdampak pada pendapatan yang tidak maksimal yang disetorkan ke Pemkab Bekasi", jelas Prananto.
 
Dengan makin kacaunya bisnis yang digeluti PT. BBWM, Prananto mewacanakan perusahaannya itu untuk menggeluti bisnis di bidang usaha lain, yakni pengelolaan sampah penghasil listrik, dan menyewakan lahan kantor perusahaan yang terletak di jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Bekasi, untuk dibangun hotel.
 
Dengan adanya bisnis itu, BBWM yakin bisa menyetorkan pendapatan yang baik ke pemerintah daerah, meski begitu peralihan usaha itu harus disetujui oleh Pemkab sebagai pemegang saham.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 2186 Kali
Berita Terkait

0 Comments