Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 25/07/2019 16:46 WIB

Menaker Harap "Vokasi Indonesia Bekerja" Tingkatkan Kemampuan Pekerja

Menaker Hanif Dhakiri
Menaker Hanif Dhakiri
CIKARANG, DAKTA.COM - Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri berharap program Vokasi Indonesia Bekerja dapat meningkatkan kemampuan tenaga kerja. Hal itu dikatakan Hanif saat menghadiri peluncuran Vokasi Indonesia Bekerja yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan di Jababeka Convention Center (JCC) Cikarang Kabupaten Bekasi, Kamis (25/7).
 
Dalam program tersebut akan dilatih dan disediakan dana dari BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 20 ribu orang dan diakhiri dengan sertifikasi kompetensi bagi korban PHK di sekitar DKI Jakarta, Jabodetabek, Jawa Barat dan Banten.
 
"Semoga bisa bertambah di tahun-tahun mendatang, tetapi intinya ada kebutuhan bagi kita semua untuk memastikan agar angkatan kerja kita ini memiliki skill yang adaptif terhadap perubahan. Sebab, dunia pekerjaan saat ini sudah mengalami pergeseran. Sehingga, jika tidak memperbaiki skill akan menjadi masalah," ucap Hanif.
 
Politisi PKB tersebut juga mengatakan, bahwa pihaknya mengundang industri untuk bisa bekerja sama dengan seluruh institusi pendidikan ataupun pelatihan vokasi. Semua dalam rangka untuk melakukan masifikasi pelatihan vokasi sehingga problem menyangkut kualitas ataupun kuantitas termasuk persebaran dari SDM bisa teratasi.
 
Hanif menambahkan, selain kompetensi, pemerintah juga sudah menyiapkan kartu prakerja, pemilik kartu itu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan pelatihan. Dalam program vokasi juga diarahkan untuk mendapatkan keterampilan, sehingga dapat terserap ke dunia kerja, bahkan bisa membuka lapangan kerja.
 
"Jumlah pengangguran trennya sangat tinggi, sehingga bisa diatasi melalui pelatihan vokasi," tukasnya.**
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 165 Kali
Berita Terkait

0 Comments