Program / Apa Kata Netizen /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 24/07/2019 19:45 WIB
#Apa Kata Netizen Eps 15

Cerita Bekasi Yang Sedang Dingin

Bekasi
Bekasi

BEKASI, DAKTA.COM - Netizen tahu gak nih? Beberapa pekan terakhir, cuaca Bekasi terasa lebih dingin dari biasanya khususnya pada malam hari. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, minimnya awan saat musim kemarau, menjadi penyebab mengapa Bekasi terasa lebih dingin. 

 

Kepala Subbidang Analisis Informasi Iklim BMKG Pusat Adi Ripaldi mengatakan, Pada waktu malam, pelepasan panas bumi ke atmosfer, tidak lagi terjebak oleh awan yang menutupi langit. Adi mengatakan, suhu minimum wilayah Bekasi berada di angka 23 derajat celsius. Sementara suhu maksimum 33 derajat celsius. Sehingga diperkirakan pada malam hari, suhu di Bekasi berkisar 25 derajat celsius.  

 

Netizen, Berdasarkan aplikasi weather widget di handphone, Rabu 17 Juli 2019 pada pukul 04.00 WIB, suhu udara di Bekasi mencapai 23 derajat celsius. Bahkan, pada pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB, suhu udara masih cukup rendah, yakni 27 derajat celsius.

 

Keadaan itu berbalik pada siang harinya, suhu udara di wilayah Bekasi terasa sangat panas dan terik. Terkait suhu udara yang menyebabkan wilayah bekasi terasa dingin, warganet ramai memberikan komentar melalui fan page facebook @siaran radio dakta dan Instagram @radiodakta.

 

Iya sii beberapa hari saya merasakan dingin banget.. saya aja mandi subuh dan berangkat kerja biasanya menggunakan air biasa, tapi sekarang mandi harus menggunakan air hangat,” kata pemilik akun faceboook @Emay Indriyani. Komentar juga datang dari pemilik aku instagram @Ibenk Slow yang mengatakan, ada hikmah dibalik musim kemarau ini, ALLAH kasih kesejukan untuk umatNya agar tidak kepanasan... ALLAH Maha Besar.  

 

Netizen lainnya pemilik akun instagram @Ima Mamah Na Salwa mengatakan, dingin tidak hanya terasa di kota saja, tetapi juga sampai wilayah muara gembong yang dekat pesisir pantai, sejuk nya ga ketulungan seperti di puncak.

 

Prakirawan BMKG Lutfi Fitriano, mengatakan tidak hanya di Bekasi saja suhu udara dingin ini terjadi. Pak Lutfi menjelaskan, penurunan suhu juga terjadi di wilayah Jabodetabek. Sementara itu, wakil satuan tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Karsono menyebut cuaca dingin di Bekasi mulai terasa dari sore hari pukul 17.00 WIB hingga pagi hari pada pukul 06.00 WIB.  

 

Netizen, ternyata nih udara di bekasi terasa lebih dingin dari biasanya karena terjadinya Monsoon yakni Perubahan tekanan udara yang menyebabkan terjadinya angin sangat kencang (jet stream effect) dari lautan lepas yang diprediksi berlangsung mulai bulan Juni hingga puncak musim kemarau atau bulan September 2019. Selain itu, Benua Australia saat ini berada dalam periode musim dingin, sehingga tekanan udara di wilayah Australia cukup tinggi, dan terbentuklah antisiklon di daerah tersebut. (Hanna)  

Editor : Andy Faizal
Sumber : Dakta.com
- Dilihat 691 Kali
Berita Terkait

0 Comments