Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 18/07/2015 19:09 WIB

Pantai Sari Ringgung di Lampung Jadi Tempat Rekreasi Favorit Keluarga

lokasi pantai Sari Ringgung Bandar Lampung
lokasi pantai Sari Ringgung Bandar Lampung

BANDAR LAMPUNG_DAKTACOM: Pantai Sari Ringgung, sekitar 24 KM dari kota Bandar Lampung, menjadi salah satu tempat favorit bagi warga Lampung dan sekitarnya untuk rekreasi keluarga. Apalagi dalam suasana merayakan liburan hari Idul Fitri seperti sekarang ini.

Salah satu daya tarik keluarga untuk memilih pantai Sari Ringgung untuk tujuan rekreasi, karena tiket masuk tak terlalu mahal. Untuk 1 orang dewasa hanya di tarif masuk  Rp10 ribu/ orang,  mobil Rp 10 ribu, dan motor Rp 5 ribu. Sehingga tak terlalu membebani keluarga.

Menurut Dadang, salah seorang karyawan, tempat rekreasi Pantai Sari Ringgung Bandar Lampung baru dikelola secaraca profesional setahun lalu. Sebelumnya pantai itu hanya dikelola masyarakat secara tradisional. Masyarakat menyewakan lahannya ke warga yang rekreasi di lokasi itu dengan tarif yang tak ditentukan.

“Itu tergantung antaran pemilik lahan dengan warga yang rekreasi. Paling sebagian dimasukkan dalam kas desa” kata Dadang.

Namun katanya lebih kurang setahun lalu mantan Diruk Bank Bandar Lampung, Syamsu Rizal, menginvestasikan uangnya untuk membeli lahan milik warga, lalu dibangun pondokan dermaga kecil untuk perahu, serta menyediakan fasilitas lain seperti kamar ganti pakaian, kamar mandi, kamar ganti pakaian, musholla, serta penataan lahan parkir.

Selain tiket masuk, menurut pengunjung bebas menikmati rekreasi di lokasi pantai, hanya saja kalau ingin duduk-duduk bersantai, pengunjung dapat menyewa pondokan Rp 50 ribu selama berada di lokasi.  Sedang bagi yang ingin menikmati fasilitas seperti taksi ( perahu tempel bermuatan 12 orang) untuk mengantar ke pulau Tegal pengunjung harus merogoh koceknya Rp 200 ribu, sedang kalau mau ke Pasir Timbul Rp 130 ribu, untuk pulang pergi.

“Taksi hanya diperbolehkan mengantar penumpang dari dermaga yang disediakan pengelola. Setiap pemberangkatkan dikenakan biaya Rp 30 Ribu untuk 1 taksi dengan penumpang 12 orang.” Kata Amen, pemilik taksi. Jadi kami hanya memperoleh Rp 100 ribu, setiap berlayar menuju pasir Timbul, imbuhnya.

Sejumlah pengunjung menilai Pantai Sari Ringgung, masih perlu dibenahi  terutama soal kebersihan. Menurut pengunjung dari Jambi, pengelolaan kebersihan di lokasi rekreasi Pantai Sari Ringgung masih buruk. Sampah masih terlihat menumpuk di pinggir pondokan. Pantainya juga terlihat serakan sampah baik dari pengunjung maupun dari laut. Begitu juga air pemandiannya banyak sampah.

Sedang air di toilet sering kering sehingga menimbulkan bau tak sedap. Belum lagi fasilitas ibadah yang masih jauh dari memadai.

 

 

Editor :
Sumber : Ulil Albab
- Dilihat 7252 Kali
Berita Terkait

0 Comments