Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 21/07/2019 10:33 WIB

Pembangunan Embung dan Sumur Bukan Solusi Kekeringan

Ilustrasi kekeringan
Ilustrasi kekeringan
CIKARANG, DAKTA.COM - Ketua Himpunan Mahasiswa dan Pengusaha Muda Indonesia (Himapindo), Budiyanto mengkritisi langkah Pemerintah Kabupaten Bekasi yang berencana membangun sumur dan embung dalam mengatasi kekeringan.
 
Budiyanto menyebut, menyelesaikan persoalan kekeringan di Kabupaten Bekasi dengan membuat sumur dan embung tidak efektif karena bukan merupakan solusi jangka panjang.
 
“Membuat sumur dan embung tidak mengatasi masalah. Perlu diketahui hal itu sudah pernah dilakukan tapi tidak ada hasilnya, maka harus dievaluasi karena langkah tersebut adalah jangka pendek," ucapnya kepada Dakta.
 
Menurutnya, solusi jangka panjang terkait masalah kekeringan di wilayah Kabupaten Bekasi khususnya di Cibarusah salah satunya, yakni pemerintah daerah seharusnya memperluas akses jaringan PDAM.
 
Selain itu, langkah lainnya adalah mencari titik sumber air yang sifatnya permanen dan membangun bendungan atau waduk di wilayah selatan Kabupaten Bekasi yang setiap tahunnya mengalami kekeringan.
 
Oleh karena itu, pembuatan bendungan di tepi Sungai Cipamingkis antara Desa Medal Krisna dan Ridhogalih dirasa perlu agar mampu menampung air. Sebab, di wilayah itu ketika musim hujan airnya melimpah hingga berdampak banjir sedangkan saat musim kemarau tiba terjadi kekeringan.
 
"Maka, sumber air yang mengalir pada saat musim hujan bisa ditampung di bendungan. Sehingga kekeringan yang berdampak kepada masyarakat bisa disalurkan ke bendungan yang dibuat,” jelasnya.
 
Untuk itu, ia menyarankan pemerintah daerah membeli tanah di tepi Sungai Cipamangkis untuk membuat bendungan atau waduk.
 
Budiyanto berencana akan merealisasikan langkah-langkah yang akan dibuat kedepanya terutama membangun infrastruktur dan menyelesaikan permasalah di wilayah Kabupaten Bekasi 
 
"Kebetulan saya terpilih di anggota DPRD Kabupaten Bekasi, maka saya akan mendorong Pemkab Bekasi bersama temen-temen di dapil 1 untuk membentuk bendungan di  wilayah selatan Kabupaten Bekasi," pungkasnya. (Oji) 
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 205 Kali
Berita Terkait

0 Comments