Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 20/07/2019 12:32 WIB

Cegah Aksi Vandalisme Lewat Lukisan Pahlawan di Tembok Rumah

Ilustrasi vandalisme
Ilustrasi vandalisme

BEKASI, DAKTA.COM - Maraknya aksi vandalisme di Kota Bekasi, membuat warga yang berada di Rt03, Rw03, Jalan Durian, Kelurahan Durenjaya, Bekasi Timur, menuangkan kreativitasnya melalui lukisan grafiti sebagai langkah mencegah aksi vandalisme di lingkungannya.

Ketua RW setempat, Subur, mengatakan banyaknya aksi vandalisme di Kota Bekasi yang sudah sampai pada tahap memprihatinkan, membuat dirinya berinisiatif untuk memberdayakan para anak muda yang memiliki kemampuan di bidang seni lukis mural atau grafiti untuk mempercantik lingkungannya dengan melukis beragam wajah para pahlawan.


"Tembok yang ada disekitar tempat tinggal, kami sulap dengan lukisan para tokoh pahlawan sebagai langkah pencegahan aksi vandalismenya," tutur Subur, Kamis (18/7).


Selain itu, lukisan yang didominasi dengan tokoh para pahlawan sebagai upaya untuk memperkenalkan para tokoh pahlawan yang sudah berjuang memerdekakan Indonesia.


"Kami sengaja lebih banyak menampilkan lukisan para pahlawan, tujuannya agar anak-anak disini bisa lebih tahu dan mengenal akan pahlawannya," sambungnya.


Subur berharap, hal ini juga sebagai wadah yang positif dalam menyalurkan minat dan bakat para pemudanya dalam bidang seni lukis.


"Daripada mereka melakukan aksi corat-coret yang tidak bertanggungjawab, kami menyediakan wadahnya," ungkapnya.


Dengan melakukan sosialisasi kepada warga yang tembok rumahnya berada dipinggir jalan agar bisa dilukis sosok para pahlawan tersebut, hal ini juga sebagai upaya mensosialisasikan lingkungan tempat tinggal yang bersih dari aksi-aksi jahil vandalisme.


"Sosialisasi sudah kami lakukan kepada warga yang temboknya akan dilukis, sehingga wilayah kami bisa terbebas dari aksi jahil vandalisme," paparnya.


Selain dihiasi dengan lukisan para tokoh pahlawan, di lokasi tersebut juga dihiasi dengan lukisan burung Garuda.


"Ada lukisan burung Garudanya juga disana, jadi bisa salah satu spot foto yang cukup menarik," tukas Subur.

Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 190 Kali
Berita Terkait

0 Comments