Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 19/07/2019 10:52 WIB

Program Transmigrasi Kurang Diminati Warga

Ilustrasi daerah transmigrasi
Ilustrasi daerah transmigrasi
CIKARANG, DAKTA.COM - Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi kesulitan mencari warga yang berminat mengikuti program transmigrasi karena ketertarikan masyarakat mengikuti program ini sangat minim. Selain itu, warga takut tidak bisa produktif di tempat yang baru.
 
Kepala Disnaker Kabupaten Bekasi, Edy Rocyadi mengatakan sosialisasi terkait program transmigrasi kepada masyarakat khususnya di bawah garis kemiskinan sudah sering disampaikan, daripada hidup kekurangan disini lebih baik mencari kesempatan di daerah baru.
 
Menurutnya, peserta program transmigrasi mendapatkan tanah untuk dikelola dan pelatihan, bahkan sebelum berangkat diberikan pelatihan, tetapi yang berminat mengikuti program itu masih sangat kurang.
 
"Saat ini program transmigrasi diarahkan ke wilayah Sulawesi dan Kalimantan. Sebenarnya tahun ini sudah ada dua keluarga yang ingin ikut tetapi mereka masih berfikir ulang," ungkapnya kepada Dakta, Jumat (19/7).
 
Edy berharap program transmigrasi yang selalu ada tiap tahun itu, diikuti oleh warga Kabupaten Bekasi, sebenarnya dalam program itu pihaknya hanya memfasilitasi saja, karena yang memiliki program itu adalah Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
 
"Setiap tahun, Pemkab Bekasi mendapat alokasi lima kuota transmigrasi, tetapi memang kuota itu tidak terpenuhi akibat minimnya minat masyarakat," pungkasnya. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 472 Kali
Berita Terkait

0 Comments