Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 19/07/2019 09:24 WIB

Awas, Nyeri Pinggang Bisa Jadi Gejala Batu Saluran Kemih

Bincang Sehat bersama dr. Nugroho Purnomo, Sp.U dari RS Mitra Keluarga Bekasi Barat
Bincang Sehat bersama dr. Nugroho Purnomo, Sp.U dari RS Mitra Keluarga Bekasi Barat
BEKASI, DAKTA.COM - Sering mengalami nyeri pinggang? Hati-hati kondisi seperti itu jangan dianggap sepele, bisa jadi nyeri di pinggang disebabkan karena penyakit batu saluran kemih. 
 
Batu saluran kemih adalah batu yang terletak di saluran kemih mulai dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra.
 
"Gejala batu saluran kemih ini mulai dari tanpa keluhan apabila batu itu ada di ginjal. Sedangkan jika pasien mengalami nyeri pinggang yang hebat, artinya batu itu turun ke ureter," jelas dr. Nugroho Purnomo, Sp.U dari Mitra keluarga Bekasi Barat dalam Bincang Sehat di Radio Dakta, Jumat (19/7).
 
Ia menyampaikan, selain nyeri pinggang, keluhan yang dialami penderita batu saluran kemih, yaitu nyeri saat buang air kecil, kencing berdarah, tidak bisa buang air kecil, dan kencing keluar pasir atau batu.
 
"Untuk faktor resiko timbulnya batu itu bisa karena riwayat keluarga yang menderita, kelainan metabolik, adanya sumbatan saluran kemih. Sementara untuk laki-laki mempunyai faktor resiko 3 kali lebih besar," ucapnya.
 
Ia menjelaskan bagaimana terbentuknya batu saluran kemih yang diawali supersaturasi (pemekatan urin) karena kurang minum atau cairan dalam tubuh.
 
"Atau adanya inti atau benda asing berupa Mucus di dalam saluran kemih dan kurangnya zat penghambat terhadap agregasi kristal pembentuk batu, terutama citrate, magnesium, dan selulosa," papar Dokter Spesialis Urologi ini.
 
Menurutnya, upaya pencegahan agar terhindar dari batu saluran kemih harus minum air minimal 2 liter per hari, mencegah terjadinya infeksi saluran kemih, dan untuk meningkatkan kadar faktor penghambat agregasi kristal disarankan untuk minum jus lemon minimal sekali dalam seminggu. 
 
Rekan yang ingin mengetahui atau konsultasi di Mitra Keluarga Bekasi Barat dapat melalui layanan WhatsApp di 0822-1000-8080 ataupun datang di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan. **
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 851 Kali
Berita Terkait

0 Comments