Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 18/07/2019 15:48 WIB

PKS Konsisten Menjadi Oposisi

Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf
Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf
JAKARTA, DAKTA.COM - Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf menegaskan mereka tetap akan konsisten berada di luar pemerintahan. 
 
"Sejak awal kami mendukung pasangan Prabowo-Sandi pada Pilpres lalu, kami sudah siap dengan segala konsekuensinya. Menang di pemerintahan, kalah jadi oposisi," ujar Muzamil. 
 
Muzamil mengatakan, PKS tidak ada masalah apabila berada di luar pemerintahan karena sebagian besar pemilih mereka juga menginginkan agar tetap beroposisi. 
 
"Kami menjamin jika berada di luar pemerintahan, kami akan konsisten untuk mengawal dan mengawasi setiap kebijakan pemerintah," tegasnya. 
 
Jika membandingkan perolehan suara PKS sepanjang keikutsertaan mereka dalam Pemilu, menunjukkan fakta bahwa suara mereka justru cenderung meningkat apabila berada di luar pemerintahan. 
 
Pada Pemilu 2009 lalu, PKS mendapat perolehan suara sebanyak 7,88% suara nasional. Saat itu, PKS mendukung pasangan capres-cawapres terpilih Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono. Pada Pemilu 2014, perolehan suara PKS turun menjadi 6,79%. 
 
Selama pemerintahan Jokowi-JK, PKS mengambil posisi sebagai oposisi pemerintah. Suara PKS justru meningkat tajam pada Pemilu 2019 lalu, yakni dengan perolehan 8,21% suara nasional. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 297 Kali
Berita Terkait

0 Comments