Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 18/07/2019 09:51 WIB

Rumah Kompos Bekasi Timur Hasilkan 1 Ton Pupuk Kompos

Rumah Kompos Bekasi Timur
Rumah Kompos Bekasi Timur
BEKASI, DAKTA.COM- Sebagai upaya mengurangi sampah di Kota Bekasi, Rumah Kompos yang berada di Bekasi Timur, mampu memproduksi pupuk kompos berbahan baku sampah daun kering hingga 1 ton banyaknya.
 
Kepala UPTD Kebersihan Bekasi Timur, Yahya Hidayat, mengatakan Rumah Kompos Bekasi Timur ini memang dikhususkan mengola sampah kering, terutama daun unuk dijadikan kompos atau pupuk organik.
 
"Memang dikhususkan untuk membuat pupuk organik atau komposting," ucap Yahya Hidayat, Rabu (17/7).
 
Ia mengaku dengan Dibantu para anggota pasukan kuning yang bertugas di wilayah Bekasi Timur inilah sampah berupa daun kering akan dikumpulkan dan dipilah yang kemudian dibawa ke Rumah Kompos ini untuk dilakukan pengolahan menjadi pupuk organik.
 
"Bahan bakunya berasal dari sampah daun kering yang dibawa oleh para petugas kebersihan atau pun dari perumahan yang menebang pohon," paparnya.
 
Ia menyampaikan, untuk proses fermentasinya sendiri diperlukan waktu satu sampai enam bulan tergantung bahan dan campuran yang digunakan.
 
Dengan adanya kompos tersebut, bukan hanya mampu mengurangi sampah saja di wilayah Bekasi Timur, tetapi hal ini juga mampu menghasilkan pupuk organik berkualitas hingga satu ton lebih banyaknya.
 
"Prosesnya memang tidak cepat, tetapi hasilnya mampu menciptakan pupuk kompos berkualitas hingga 1 ton lebih," jelasnya.
 
Selain itu, dengan adanya Rumah Kompos Bekasi Timur yang dioperasikan setiap hari, maka hal ini juga dalam rangka mendukung program adipura di Kota Bekasi.
 
Bahkan hasilnya pun juga dipergunakan untuk memyuplai kebutuhan pupuk disebagian besar wilayah Bekasi Timur serta warga.
 
"Melalui Rumah Kompos tersebut sebagai langkah mendukung program adipura juga di Kota Bekasi dan mampu menyuplai kebutuhan pupuknya karena diproduksi sendiri," tandasnya. **
 
Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 295 Kali
Berita Terkait

0 Comments