Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 16/07/2019 14:07 WIB

Atasi Kekeringan, Pemkab Bekasi Berencana Bangun Embung

Embung Temukus di Banjar Temukus, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem (ilustrasi)
Embung Temukus di Banjar Temukus, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem (ilustrasi)
CIKARANG, DAKTA.COM - Pemerintah Kabupaten Bekasi berencana membangun sumur bor dan embung dibeberapa kecamatan untuk digunakan sebagai upaya jangka panjang mengatasi kekeringan.
 
Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengatakan kondisi kekeringan memang berlangsung setiap tahun, oleh karena itu dibutuhkan penanganan terencana membuat penampungan air maupun sumur bor.
 
Pihaknya akan membangun sebanyak 120 sumur bor yang tersebar di wilayah Kabupaten Bekasi, dan 14 titik embung yang empat diantaranya akan dibangun di Kecamatan Cibarusah agar dapat digunakan sebagai penanganan jangka panjang mengatasi kekeringan di Kabupaten Bekasi.
 
"Ditargetkan pembangunannya bisa dilakukan di tahun 2020 mendatang yang tentunya harus didukung oleh kesiapan anggaran," ujarnya di Cikarang, Selasa (16/7).
 
Sejauh ini, pihaknya baru bisa mengirimkan bantuan air saja bagi masyarakat yang dilanda kekeringan, kedepan bencana kekeringan bisa diatasi dengan adanya sumur itu.
 
Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah mengirimkan sebanyak 125.000 liter air bersih kepada warga terdampak di tiga desa, yaitu Desa Ridogalih, Desa Ridhomanah, dan Desa Sirnajati.
 
"Bantuan air itu juga diberikan bagi kecamatan-kecamatan lain yang terdampak kekeringan khususnya di Bekasi wilayah selatan," katanya. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 278 Kali
Berita Terkait

0 Comments