Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 12/07/2019 16:29 WIB

KPU Santuni 10 Keluarga KPPS Kota Bekasi yang Meninggal

KPU RI memberikan santunan kepada keluarga KPPS Kota Bekasi yang telah meninggal
KPU RI memberikan santunan kepada keluarga KPPS Kota Bekasi yang telah meninggal
BEKASI, DAKTA.COM - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) memberikan santunan secara simbolis kepada 10 keluarga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kota Bekasi yang telah meninggal dunia pada penyelenggaran Pemilu serentak 2019.
 
Santunan masing-masing diberikan sebesar Rp36 juta. Secara simbolis diberikan langsung oleh Anggota KPU RI Ilham Saputra, Anggota Komisi II DPR RI Herman Khoiron dan Ketua KPU Kota Bekasi Nurul Sumarheni.
 
Ketua KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni mengatakan jika terdapat 14 petugas KPPS yang meninggal saat penyelenggaraan Pemilu serentak 2019.
 
“Terdapat 14 orang petugas KPPS kami yang meninggal, 10 orang meninggal dalam masa tugas sementara 4 orang diluar tugas,” kata Nurul kepada Dakta, Jumat (12/7).
 
Nurul menjelaskan, petugas KPPS yang wafat di wilayahnya didominasi mempunyai riwayat penyakit seperti jantung dan hipertensi berdasarkan hasil autopsi medis.
 
“Satu petugas mengalami kelelahan kronis hingga mengakibatkan kecelakaan sampai meninggal dunia,” jelas dia.
 
Di tempat yang sama, Anggota DPR RI Komisi II, Herman Khoiron menambahkan jika pemilu serantak 2019 adalah proses pembelajaran dan perlu evaluasi ke depan.
 
“Kami (Komisi II) sudah menekankan agar Pemilu 2019 kemarin berjalan dengan baik mulai dari logistik, persiapan tekhnis dan administrasi. Namun ternyata banyak hal yang tak terduga,” tambah Herman.
 
Ia mengatakan jika evaluasi pemilu harus berdasarkan undang-undang yang telah diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Herman menyarankan agar Pemilu serentak dapat melibatkan konsultan untuk meminimalisir beban kerja petugas Pemilu.
 
“Kita sarankan sewa konsultan agar pencoblosan dan perhitungan suara dapat kelar dalam waktu singkat. Dan secara regulasi Pemilu akan kami upayakan evaluasi agar berjalan jujur, adil dan damai. Saya sarankan juga agar petugas pemilu diberikan asuransi kesehatan,” tandasnya.
 
Anggota KPU RI Ilham Saputra mengungkapkan jika saat ini lembaganya telah menyalurkan santunan kepada 162 petugas Pemilu serentak 2019 yang telah meninggal dunia.
 
“Mereka terdiri dari KPPS dan PPK, korban meninggal sekitar 500 lebih dan ratusa yang sakit. Sisanya masih dalam tahap kita, nanti kita juga akan salurkan ke sejumlah provinsi termasuk santunan kepada petugas yang di rawat di rumah sakit,” ungkap dia. **
Reporter : Jaenudin Ishaq
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 340 Kali
Berita Terkait

0 Comments