Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 20/04/2019 11:40 WIB

Forum Seniman Bekasi Gelar Pameran "Wayah Gini di Kota Bekasi"

Forum Senima Bekasi
Forum Senima Bekasi

BEKASI, DAKTA.COM - Pameran “Wayah Gini di Kota Bekasi” merupakan media respon dari para seniman yang tergabung dalam Forum Seniman Bekasi terhadap kota Bekasi saat ini. Forum yang diketuai Yeksa Sarkeh ini sudah mulai berkiprah di Kota Bekasi sejak dua tahun belakangan ini. Perjuangan para seniman Bekasi untuk menghidupkan kembali kesenian yang tersisih akibat pesatnya pembangunan dan industri di Bekasi ini sudah mulai terlihat dengan berhasilnya membuat beberapa kegiatan kesenian dan pameran di Bekasi.

Pameran yang kali ini diselenggarakan di Balai Budaya, adalah yang pertama kalinya diselenggarakan di luar Bekasi. Berlangsung sejak tanggal 21 – 28 April 2019, dan  dibuka oleh Wakil Wali Kota Bekasi, Bapak Tri Adhianto. Pemerintah Daerah Kota Bekasi sangat mendukung kegiatan ini, karena selaras dengan tekad Kota Bekasi untuk menjadi kota kreatif.

Ada 20 seniman yang terlibat dalam pameran ini. Para seniman ini merespon suasana Kota Bekasi dari sudut pandangnya masing-masing. Selain berbeda sudut pandang, hal yang menarik untuk disimak di pameran ini adalah dengan beragamnya teknik, media dan cara penyajian dari masing-masing seniman. Keragaman teknik dan penyajian ini bisa dilihat dari karya kolaborasi Hendrik dan Depi yang merespon masalah sampah di Bantar gebang dengan karya instalasinya, dibandingkan dengan karya lukisan Sari Ai dengan tema yang sama, tapi berbeda penyajiannya. Lain lagi dengan karya Indah Soenoko yang menyajikan keindahan penari topeng menggunakan media kopi. Karya lainnya adalah yang dibuat oleh Yanuar dengan goresan-goresan sketsanya, yang justru menggambarkan indahnya hasil pembangunan, yaitu Stadion Patriot Candrabaga.

Secara umum, sajian karya-karya seniman Bekasi ini sudah dapat mewakili kondisi Kota Bekasi saat ini. Di balik segala keprihatinan dan kegelisahan akan kondisi kesenian di Bekasi yang semakin tergerus industri dan pembangunan, Kota Bekasi masih memiliki para pejuang seni yang akan tetap berjuang, bertahan, menghidupkan, mempertahankan, melestarikan dan mengembangan kesenian di Bekasi.

Semoga Pameran “Wayah Gini di Kota Bekasi” akan menjadi bola salju yang akan bergulir semakin besar, dan menjadikan Kota Bekasi sebagai Kota Seni yang layak diperhitungkan.

Editor : Dakta Administrator
Sumber : Rilis Forum Seniman Bekasi
- Dilihat 361 Kali
Berita Terkait

0 Comments