Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 11/07/2019 14:17 WIB

Fisika Uhamka Dorong Kompetensi Mahasiswa Lewat Revolusi Industri 4.0

Bincang Pendidikan bersama Liszulfah Roza, Dosen Pendidikan Fisika FKIP Uhamka
Bincang Pendidikan bersama Liszulfah Roza, Dosen Pendidikan Fisika FKIP Uhamka
BEKASI, DAKTA.COM - Industri 4.0 merupakan revolusi yang menghasilkan teknologi canggih yang mampu memudahkan manusia menjalankan aktivitasnya. 
 
Revolusi industri ini sudah dirintis sejak lama dari tahun 90-an. Untuk industri 4.0, dimulai dari 2010 hingga saat ini dan pasti akan terus berlanjut. Munculnya industri 4.0 ini tidak lepas dari ilmu teknologi, tetapi juga terdapat ilmu fisika.
 
"Misalnya, jaringan WiFi. Dari yang hanya 2G, 3G, kemudian ke H plus, dan saat ini 4G, ini salah satu revolusi industri 4.0 dari ilmu fisika," kata Liszulfah Roza, M.I.S., PhD., Dosen Pendidikan Fisika FKIP Uhamka dalam Bincang Pendidikan di Radio Dakta, Kamis (11/7).
 
Kemudian, lanjutnya, inovasi dari smartphone. Dulu handphone Nokia sangat populer dan canggih pada masanya, tetapi saat ini tergeser dengan smartphone yang selalu update.
 
Dalam mendukung industri 4.0, Universitas Prof. Dr Hamka menguatkan kompetensi kepada mahasiswanya. Khusus jurusan fisika, mahasiswa dituntut tidak hanya paham akademik tetapi juga dalam soft skill.
 
"Uhamka menyeimbangkan komposisi pendidikan, mahasiswa dididik bukan hanya menjadi guru, melainkan bisa menjadi peneliti," katanya.
 
Untuk mendorong kompetensi mahasiswa, di Uhamka dilengkapi fasilitas Laboratorium Fisika Dasar, Laboratorium Fisika Lanjut, Laboratorium Elektronik dan Robotika, dan lainnya.
 
"Mahasiswa juga diajarkan memiliki sikap percaya diri, inovatif, dan kreatif. Tentu mereka juga diajarkan untuk berorganisasi melalui himpunan mahasiswa sampai outing class," ucapnya. **
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 170 Kali
Berita Terkait

0 Comments