Jurnal Haji /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 11/07/2019 10:50 WIB

64 Kloter Jemaah Indonesia Tiba di Madinah, Tiga Orang Wafat

Jemaah haji di depan Kakbah
Jemaah haji di depan Kakbah
MADINAH, DAKTA.COM - Memasuki hari keenam kedatangan jemaah haji gelombang satu di Tanah Suci, tercatat sudah 64 kloter tiba di Madinah Al Munawarah. Dilansir Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) pada tanggal 11 Juli 2019 pukul 06.32 waktu Arab Saudi sebanyak 26.007 jemaah haji telah mendarat di Madinah.
 
Sedangkan, jemaah haji yang meninggal dunia di Tanah Suci masih tercatat sebanyak tia orang, antara lain Khairil Abbas Salim (BTH 2), Mudjahid Damanhuri Mangun (SOC 4), Sumiyatun Suwikromo Sutardjan (SOC 2).
 
Jemaah gelombang satu akan berada di Madinah selama 8 hingga 9 hari untuk melaksanakan Arbain atau shalat 40 waktu tanpa terputus di Masjid Nabawi. 
 
Cuaca Madinah yang berkisar antara 35 - 45 derajat celcius merupakan salah satu tantangan bagi jemaah haji Indonesia.
 
Direktur Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Amsyar Akil berbagi tips berhaji sehat untuk jemaah haji Indonesia agar dapat menunaikan ibadah dengan lancar dan selalu dalam kondisi yang sehat.
 
Sebelum pergi ke Masjid Nabawi, Amsyar menganjurkan jemaah haji Indonesia harus mempersiapkan diri dengan alat pelindung diri seperti masker, payung, spray. Ia juga membagikan tips berhaji sehat,
 
"Beberapa tips berhaji sehat, yang pertama, mencuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir, ini akan mencegah tersebarnya infeksi," ujar Amsyar.
 
Kemudian Ansyar menambahkan agar jemaah haji senantiasa memakan makanan yang bergizi, memperbanyak minum air, dan jus buah serta membawa persediaan obat.
 
Jemaah juga dianjurkan untuk tidak merokok, istirahat cukup dan tidak terlalu diforsir untuk beribadah. **
Editor :
Sumber : Kemenag.go.id
- Dilihat 2239 Kali
Berita Terkait

0 Comments