Pemilu 2019 /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 18/04/2019 11:39 WIB

Formappi: Tidak Ada Perubahan di Parlemen

Gedung DPR RI
Gedung DPR RI
JAKARTA, DAKTA.COM - Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi), Lucius Karus menilai hasil hitung cepat terkait pemilihan legislaif menunjukkan tidak akan ada perubahan pada wajah parlemen. 
 
Lucius memaparkan berdasarkan hasil hitung cepat dari berbagai lembaga survei menunjukkan jika hanya ada satu parpol yang tersingkir dari parlemen sebelumnya, yakni Partai Hanura. 
 
"Jika melihat hasil dari hitung cepat ini, maka anggota DPR RI 2019-2024 hanyalah menjadi lanjutan dari periode sebelumnya. Kita sulit untuk mengharapkan adanya perubahan dalam parlemen," terang Lucius saat dihubungi di Jakarta pada Kamis (18/4).
 
Lucius menambahkan, dengan komposisi yang tidak jauh berbeda, maka akan sulit mengharapkan kinerja para anggota dewan lebih baik dibandingkan periode yang lalu.
 
"Anggota dewan baru namun isinya sama saja seperti yang lalu, artinya tidak akan lebih baik dari sebelumnya. Mereka pasti akan sibuk untuk memperebutkan kekuasaan disana," imbuhnya. 
 
Lucius menambahkan dengan perolehan suara yang cukup merata, tidak ada satu parpol yang menguasai kursi parlemen secara dominan. 
 
"Artinya, proses pengambilan keputusan dalam parlemen nantinya dipastikan akan kembali alot. Meskipun ada koalisi, namun kepentingan politik masing-masing partai lebih kuat," tutupnya. 
 
Selain hitung cepat Pilpres, sejumlah lembaga survei juga merilis hasil hitung cepat hasil Pileg dimana terdapat sembilan parpol yang diprediksi akan kembali melenggang ke Senayan yakni PDIP, Gerindra, Golkar, PKS, PKB, Nasdem, Demokrat, PAN, dan PPP. 
 
Sementara Hanura yang sebelumnya mempunyai kursi di parlemen terancam gagal memenuhi syarat ambang batas parlemen sebesar 4% suara nasional. 
 
Selain Hanura, parpol lainnya juga dipastikan kembali tidak mampu menembus parlemen yakni PBB dan PKPI, serta empat parpol baru Perindo, PSI, Berkarya, dan Garuda. **
 
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 262 Kali
Berita Terkait

0 Comments