Nasional / Lingkungan Hidup /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 11/07/2019 09:49 WIB

1.500 Personel Diterjunkan Antisipasi Karhutla di Riau

Ilustrasi Karhutla
Ilustrasi Karhutla
RIAU, DAKTA.COM - Sebanyak 1.500 personel gabungan diterjunkan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau. Pelepasan personel tersebut dilakukan langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo.
 
Menurutnya, pengiriman personel ini berfungsi untuk memberikan pendampingan kepada masyarakat tentang bagaimana mengelola hutan. 
 
"Untuk memberikan pemahaman kesiapsiagaan dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan," ujar Doni, dalam siaran persnya, Kamis (11/7).
 
Doni mengatakan, terjadinya karhutla akan merusak ekosistem hutan, flora, dan fauna penghuni hutan dan cagar biosfer. Lahan gambut dengan ketebalan mencapai 36 meter menjadi area yang paling rentan terjadi kebakaran lahan.
 
"Kebakaran hutan dan lahan mengganggu pelayanan transportasi masyarakat dan bisnis," tambahnya.
 
Tidak hanya itu, Indonesia juga mendapat desakan dan teguran dari negara tetangga terkait akibat yang ditimbulkan oleh kebakaran hutan dan lahan. Hal ini tentu saja mengganggu hubungan diplomatik antar negara dan regional ASEAN.
 
"Dengan pendekatan persuasif dan mengajak kesadaran semua pihak, kita berharap kebakaran hutan dan lahan dapat kita hentikan sejak hari ini," kata Doni.
 
Belajar dari pengalaman tersebut, ia mengatakan, perlu diimplementasikan konsep 'kenali ancamannya, siapkan strateginya'. Untuk mengetahui strategi yang tepat, ia menambahkan, perlu mencari akar masalah dan solusinya. Dalam kasus kebakaran hutan dan lahan, solusi yang terbaik adalah melakukan pencegahan.
 
Pada kesempatan tersebut, kepala BNPB juga memberikan bantuan dana siap pakai untuk penanganan siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan di provinsi Riau kepada BPBD Provinsi Riau sebesar Rp 300 juta, Polda Riau Rp 250 juta, dan KOREM 031 Wirabima, Rp 1 milyar. **
Editor :
Sumber : Republika
- Dilihat 1951 Kali
Berita Terkait

0 Comments