Harokah Islamiyah /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 10/07/2019 21:04 WIB

Enslikopedi Islam: Sejarah Khulafaurrosyidin

khulafarosyidin2
khulafarosyidin2

BEKASI, DAKTA.COM - Kata khulafaurrosyidin merupakan gabungan dari dua suku kata, yaitu khulafa dan rosyidin. Secara bahasa, kata khulafa adalah jamak dari kata khalifah artinya pengganti. Sedangkan kata ar rosyidiin adalah kata jamak dari Ar Rosyid yang artinya orang yang mendapat petunjuk. Maka khulafaurrosyidiinberarti para pengganti yang mendapat petunjuk. Kata khulafaurrosyidin memiliki pengertian para pengganti dan penerus kepemimpinan Islam setelah wafat Rosulullah SAW.

 

Istilah khulafaurrosyidin diberikan kepada para shahabat yang yang terpilih menjadi pengganti Rosulullah SAW setelah wafat dan bukan sebagai nabi atau Rosul. Masa khulafaurrosyidiin termasuk generasi terbaik setelah zaman Rosulullah seperti hadits Nabi Muhammad tentang sebaik-baik zaman.

Khulafaurrosyidin terdiri dari 4 khalifah (pemimpin), yaitu Abu Bakar Ash Shiddiq, Umar bin Khattab, Ustman Bin Affan, dan Ali Bin Abi Thalib.

Khalifah pertama adalah Abu Bakar Ash Shiddiq. Sebenarnya, Abu Bakar adalah gelar yang diberikan kepada beliau setelah masuk Islam. Nama sebelum Islam adalah Abdul Ka’bah. Nama aslinya Abdullah bin Abu Quhafah keturunan bani Taim bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ay bin Kal Al Quraisy. Beliau lahir pada tahun ke-2 dari tahun gajah atau dua tahun lebih muda dari Nabi Muhammad SAW. Abu Bakar memiliki budi pekerti yang baik dan terpuji.

 

Di kalangan bangsawan Qurasy, beliau dikenal dengan sosok yang ulet dan jujur. Beliau merupakan pedagang yang kaya raya. Beliau berdagang dengan jujur sehingga orang-orang tertarik untuk membeli barangnya. Sikap jujurnya hingga beliau mesuk terbawa Islam. 

Khalifah kedua adalah Umar Bin Khattab, yang memiliki nama lengkap Umar bin Khattab bin Naufal bin Abdi ‘Uzza bin Riba’ah bin Abdullah bin Qarh bin Razaah bin ‘Adiy bin Ka’ab. Ayahnya bernama Khattab bin Nufail Al Shimh Al Quraisyi dan ibunya Hantamah binti Hasyim. Umar bin Khatab lahir pada tahun 581 M di kota Mekkah dari suku Bani Adi, salah satu rumpun suku Quraisy, suku terbesar di kota Mekkah saat itu.

 

Umar lahir dari keluarga bangsawan, ia mampu membaca dan menulis, yang pada itu merupakan kemampuan yang langka. Beliau memiliki fisik yang tinggi besar dan memiliki karakter keras dan tegas. sehingga disegani dan dihormati oleh penduduk Mekkah. Beliau seorang pemberani dan sering menyelesaikan peperangan yang terjadi di zaman Jahiliyah.

Khalifah ketiga adalah Utsman bin Affan, yang memiliki nama lengkap Utsman bin Abdi Syams bin Abdi Manaf bin Quraisy al-Quraisy, Al Umawiy. Nama ibu beliau adalah Arwa binti Kuriz bin Rabiah. Dilahirkan pada tahun 573 M, tahun kelima setelah kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dia berasal dari keluarga kaya raya. Sebelum masuk Islam dia dipanggil Abu Amr. Beliau memiliki sifat jujur dan rendah hati di kalangan umat Islam. Bahkan sebelum masuk Islam, Beliau terkenal dengan kejujuran dan kerendahan hati.

 

Beliau masuk Islam atas ajakan Abu Bakar, yaitu sesudah Islamnya Ali bin Abi Thalib dan Zaid bin Haristah. Beliau adalah salah satu sahabat besar dan utama Nabi Muhammad SAW, serta termasuk pula golongan as-Sabiqun al-Awwalin, yaitu orang-orang yang terdahulu Islam dan beriman. 

Khalifah terakhir dari  Khulafaurrosyidin adalah Ali bin Abi Thalib, yang bernama lengkap ali bin Abu Thalib bin Abdul Mutthalib bin Hasyim bin Abdul Manaf. Ibunya bernama Fatimah binti Asad bin Hasyim bin Abdul Manaf. Beliau dilahirkan di Makkah pada hari Jum’at 13 Rajab tahun 570 M atau 32 tahun setelah kelahiran Nabi Muhammad saw. Beliau tinggal bersama Nabi Muhammad SAW sejak kecil. Beliau diasuh sebagaimana anak sendiri karena kondisi ayahnya yang miskin. Beliau mendapat didikan langsung dari Nab Muhammad SAW sehingga menjadi seorang yang berbudi tinggi dan berjiwa luhur.

 

Ali bin Abi Thalib masuk Islam saat berusia tujuh tahun. beliau adalah anak kecil yang pertama masuk Islam, sebagaimana Khadijah adalah wanita yang pertama masuk Islam, Zaid bin Haritsah adalah budak yang pertama masuk Islam, Abu Bakar ra adalah lelaki merdeka yang pertama masuk Islam. Ali adalah salah seorang dari sepuluh sahabat yang dijamin masuk surga. Ali adalah orang laki-laki pertama yang masuk Islam dan pertama dari golongan anak kecil. Beliau dinikahkan dengan putri Nabi SAW, Fathimah Az Zahra. Lahir dari Fatimah dua anak yaitu Hasan dan Husein. Wallahu 'alam bishawab

Editor : Andy Faizal
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 124 Kali
Berita Terkait

0 Comments