Pemilu 2019 /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 17/04/2019 13:30 WIB
Pemilu 2019

Pasien Tidak Mengurus Form A5, TPS Keliling Absen di RSUD Kabupaten Bekasi

Ujang, Ketua RT 03 RW 023 Kp.Utan Kelurahan Wanasari Kecamatan  Cibitung, Bekasi
Ujang, Ketua RT 03 RW 023 Kp.Utan Kelurahan Wanasari Kecamatan Cibitung, Bekasi

CIBITUNG, DAKTA.COM : Kesadaran masyarakat untuk mengurus form A5 ternyata masih kurang. Form A5 yang digunakan untuk pindah memilih, ternyata banyak tidak diurus oleh Pasien RSUD Kabupaten Bekasi.

Saat Radio Dakta memantau situasi di RSUD Kabupaten Bekasi, pihak keamanan menyampaikan belum adanya TPS Keliling yang datang ke RSUD Kabupaten Bekasi hingga pukul 13.00 WIB.

"biasanya dari TPS di belakang RSUD datang kesini, tapi sampai saat ini belum ada," kata seorang keamanan yang tidak ingin disebutkan namanya

Sementara itu saat ditelusuri ke TPS terdekat yang biasa menerima mandat dari PPK Cibitung, TPS 227 menegaskan pada Pemilu Serentak 2019 tidak ada mandat dari KPU Kab.Bekasi untuk melakukan TPS Keliling di RSUD Kabupaten Bekasi hal tersebut.

Ketua RT 03 RW 023 Kp. Utan Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Ujang mengatakan TPS 227 memang biasa menyelenggaran TPS keliling pada Pemilu sebelumnya. Namun, ditahun ini tidak ada mandat dari PPK Cibitung untuk menyelenggarakannya, karena tidak ada pasien RSUD Kab.Bekasi yang mengurus Form A-5

"Pihak RSUD udah nanya ke Kecamatan dan Kelurahan. Katanya sekarang harus ada Form A-5 dan tidak ada pasien yang mengurus Form A-5 jadinya tidak ada TPS Keliling," jelas Ujang kepada Dakta.

Ujang mengatakan, ditahun ini dirinya dan KPPS tidak menerima Form Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang biasa didapatkan saat pemilu sebelumnya, selain itu Form  Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan  Daftar Pemilih Khusus (DPK) pun tidak mereka dapatkan.

"Print sendiri Form DPT nya, padahal biasanya dapat. Cek aja sendiri itu di kardus kosong. Saya akhirmya minta lewat WA saya print," tutur Ujang.

Pihaknya mengaku, hanya mengikuti regulasi yang belaku. Walau, pasien atau keluarga pasien di RSUD Kabupaten Bekasi memang tidak ada yang ke TPS 227 untuk melapor atau memberikan form A5

"Tapi, antusias warga tahun ini meningkat, dari DPT 236, yang memilih 167. Biasanya DPT 500 yang milih hanya 200," kata Ujang.

Sementara itu, saat dihubungi Radio Dakta, Komisioner Bidang Hukum KPU Kabupaten Bekasi, Wahab Habibie membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan bahwa mandat akan diberikan kepada TPS terdekat dari RSUD Kabupaten Bekasi (TPS 227) apabila ada yang mengurus dan melapor form A-5 kepada PPS Kelurahan Wanasari yang diteruskan kepada PPK Kecamatan Cibitung

"Benar, sesuai regulasi pasien diharapkan mengurus Form A-5 minimal 7 hari sebelum hari H sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi agar dapat memilih," kata Wahab kepada Dakta.

Melihat hal ini, penting bagi warga dan penyelenggara agar sama-sama menguatkan informasi dan sinergitas agar Pemilu kedepannya tidak ada lagi hak pilih yang terenggut karena administrasi.** [Elnoor]

Editor : Dakta Administrator
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 177 Kali
Berita Terkait

0 Comments