Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 11/07/2019 10:37 WIB

Nasdem Tidak Setuju Semua Parpol Gabung ke Pemerintah

Sekjen Partai Nasdem Jhonny G Plate
Sekjen Partai Nasdem Jhonny G Plate
JAKARTA, DAKTA.COM - Sekjen Partai Nasdem, Jhonny G Plate berpendapat oposisi diperlukan dalam pemerintahan yang menganut sistem demokrasi. 
 
"Kalau untuk demokrasi yang sehat, tidak harus semuanya di dalam kabinet. Pada suatu pertandingan demokrasi, ada yang kalah, ada yang menang itu hal yang biasa," papar Jhonny di Gedung DPR RI, pada Kamis (11/7).
 
Jhonny menyampaikan, dalam pemerintahan yang menganut sistem demokrasi, pihak yang kalah dalam pemilu secara otomatis mengerti peranan mereka sebagai oposisi yang akan mengawasi dan mengkritisi jalannya pemerintahan. 
 
"Jika semuanya masuk di dalam kabinet, rakyat akan melihat ini sebagai sebuah dagelan politik. Sesuatu yang lucu, tetapi sebenarnya tidak lucu," terangnya. 
 
Maka dari itu menurutnya, jika semua parpol bergabung dengan pemerintah, tidak akan ada fungsi cek and balances sehingga dikhawatirkan akan menjadi kekuasaan yang otoriter.
 
"Kami melihat ini domain Pak Presiden untuk memilih kabinetnya, tetapi kami mendukung agar kita tetap bekerjasama meskipun mereka berada di luar pemerintahan," tutupnya. 
 
Isu terkait peluang partai politik dalam bersikap sebagai oposisi atau masuk koalisi pendukung Jokowi-Maruf masih hangat diperbincangkan. 
 
Seperti diketahui bahwa pemenang Pilpres 2019 lalu, yakni pasangan Jokowi-Amin didukung oleh PDIP, Golkar, Nasdem, PKB, PPP, Hanura, Perindo, dan PSI. Sementara itu lawannya, yakni pasangan Prabowo-Sandi didukung oleh Gerindra, PKS, Demokrat, PAN, dan Berkarya. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 242 Kali
Berita Terkait

0 Comments