Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 16/04/2019 17:26 WIB

Peran Disnaker Kota Bekasi Atasi Perselisihan Pekerjaan-Pengusaha

Bincang Publik bersama Dinas Ketenagakerjaan Kota Bekasi
Bincang Publik bersama Dinas Ketenagakerjaan Kota Bekasi
BEKASI, DAKTA.COM - Seringkali antara pekerja dan pengusaha terjadi perselisihan karena berbagai alasan. Di situlah peran pemerintah hadir sebagai mediator.
 
Kepala Seksi Perselisihan Hubungan Industrial Disnaker Kota Bekasi, Eman Sulaeman mengaku mendapat banyak pengaduan dari para pekerja kepada pihaknya terkait banyak hal.
 
"Hampir 15-20 setiap bulannya yang mengadukan persoalannya kepada Disnaker Kota Bekasi," ungkapnya dalam Bincang Publik di Radio Dakta, (16/4).
 
Menurutnya, rata-rata pengaduan itu tentang pemutusan hubungan kerja (PHK). Mereka menuntut agar perusahaan menunaikan haknya sebagai mantan pegawai.
 
"Kita mengatasinya dengan mengkaji dulu surat perjanjian antara kedua belah pihak. Kadang memang ada pekerja yang tidak membaca lebih dulu surat itu saat menerima kerja atau memang pengusaha yang licik," jelasnya.
 
Ia menyampaikan, biasanya jenis perselisihan pekerjaan dengan pengusaha karena pemenuhan hak. Cara pandang mereka berbeda antara pengusaha dan pekerja berdasarkan aturan.
 
Sementara itu, menjelang Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei, Pemerintah Kota Bekasi akan memusatkan kegiatan itu di Alun-alun Kota Bekasi.
 
"Kami mengundang 1000 buruh untuk menyampaikan aspirasinya di Alun-alun Kota Bekasi, di sana nanti juga akan ada hiburannya," ucap Kepala Bidang Industrial dan Jamsostek Disnaker Kota Bekasi, Mohammad Rusli.
 
Pihaknya juga sudah mempersiapkan anggota kepolisian dan Satpol PP untuk mengamankan pada saat acara berlangsung. **
 
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 209 Kali
Berita Terkait

0 Comments