Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Senin, 15/04/2019 15:09 WIB

Cara Membangun Keuangan Keluarga Sehat Sejak Dini

Bincang Keuangan bersama Osrinita Oesman
Bincang Keuangan bersama Osrinita Oesman
BEKASI, DAKTA.COM - Islam adalah agama rahmatan lil 'alamin, bukan hanya mengajarkan tentang ibadah saja melainkan juga politik, ekonomi, dan segala hal.
 
Salah satu implikasi ekonomi adalah pendidikan finansial  yang harus dibangun sejak dini. Keuangan keluarga sehat artinya pengeluaran lebih kecil daripada pendapatan supaya terjadi surplus
 
Praktisi Keuangan, Osrinita Oesman mengatakan untuk membangun keuangan keluarga yang sehat harus dimulai sejak dini kepada anak-anak.
 
"Kita harus mengenalkan mindset keuangan kepada anak-anak. Misalnya harta adalah titipan dari Allah yang harus dijaga dan digunakan dengan sebaik-baiknya," katanya dalam Bincang Keuangan di Radio Dakta, Senin (15/4).
 
Kemudian, menyiapkan konsep persiapan masa depan untuk anak-anak dan juga mendidiknya supaya memegang amanah dengan baik.
 
"Kalau bicara masa depan dari sisi ibadah bagaimana mempersiapkan diri untuk diakhirat kelak. Sedangkan kalau dunia harus kaya, karena Islam mengajarkan untuk berbagi," terangnya.
 
Selain itu, orang tua juga bisa mengenalkan kepada anak bahwa harta itu penting untuk kelangsungan hidup. Dengan memiliki harta yang banyak seseorang bisa menggunakannya untuk kepentingan bermanfaat.
 
Menurutnya, memang dalam proses pembelajaran finansial kepada anak tidak bisa terburu-buru, harus dengan bahasa yang dapat dipahami dan secara perlahan-lahan. **
 
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 89 Kali
Berita Terkait

0 Comments