Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 16/04/2019 11:04 WIB

Ini Posisi Tubuh yang Dianjurkan Saat Hamil

Bincang Sehat dr. Eni Nuryani, Sp. KFR dari Mitra Keluarga Bekasi Timur
Bincang Sehat dr. Eni Nuryani, Sp. KFR dari Mitra Keluarga Bekasi Timur
BEKASI, DAKTA.COM - Masa kehamilan biasanya sering memunculkan nyeri di beberapa bagian tubuh, salah satunya di punggung.
 
Nyeri punggung biasanya terjadi pada daerah pinggang dan trimester II & III. Nyeri punggung ini akan terus bertambah sejalan dengan usia kehamilannya.
 
dr. Eni Nuryani, Sp. KFR dari Mitra Keluarga Bekasi Timur mengatakan penyebab terjadinya nyeri punggung pada kehamilan karena perubahan hormon, pengaruh gravitasi karena perut semakin membesar, posisi tubuh yang salah, stress, dan berat badan meningkat.
 
"Sebenarnya normal saja nyeri punggung kalau masih bisa diatasi dengan trik khusus. Hanya saja bagi pasien dengan keluhan seperti saraf kejepit di pinggang, kemudian dia hamil, itu yang harus diwaspadai," ucapnya dalam Bincang Sehat di Radio Dakta, Selasa (16/4).
 
Untuk itu, cara mengatasi nyeri punggung saat kehamilan harus memperhatikan postur tubuh yang baik seperti posisi berdiri, duduk, tidur, dan bangun.
 
Posisi berdiri, bagi ibu yang bekerja dengan posisi lebih banyak berdiri sebaiknya pertahankan posisi sikap berdiri dengan tegak, punggung lurus dan sejajar dengan bahu jangan membungkuk. 
 
"Hindari posisi berdiri terus menerus selama 6 Jam dan sebaiknya memakai sepatu rata atau sepatu olahraga dengan alas kaki yang lebar," katanya.
 
Posisi duduk, bila duduk upayakan tulang punggung berada posisi sejajar dengan sandaran kursi dan kedua kaki menapak pada lantai. Jika ibu hamil bekerja di kantor dengan posisi lebih banyak duduk maka jangan lupa selalu perbaiki posisi duduk dan bila perlu ganjal bagian punggung dengan bantal tipis. 
 
"Bila hendak melakukan gerakan membungkuk, sikap awal berdiri tegak lalu lutut ditekuk dan pertahankan punggung agar tetap lurus lalu pelan-pelan lenturkan punggung ke arah depan dengan menggunakan tenaga kaki untuk mengambil objek. Saat berdiri lakukan dengan hati hati agar keseimbangan terjaga," jelasnya.
 
Posisi tidur terlentang sebaiknya menaruh bantal di kepala agar posisi kepala agar tinggi. Hindari posisi datar, karena bisa menyebabkan tekanan rahim pada paru-paru membuat sesak napas pada ibu hamil. 
 
"Posisi tidur terbalik sebaiknya berbaring miring ke kiri dengan lutut ditekuk dan ditaruh bantal diantaranya dan jangan lupa tempatkan bantal di bawah kepala dan bahu, posisi berbaring ke kiri membuat sirkulasi darah ke janin tidak terganggu," terang dr. Eni.
 
Selanjutnya, postur tubuh tepat saat bangun dari tempat tidur, yaitu hindari perubahan posisi secara tiba-tiba. Bangun tergesa-gesa meningkatkan risiko perut menjadi tegang bahkan ibu bisa mengalami kontraksi dan pusing-pusing. 
 
Saat akan bangun, gulingkan tubuh ke sisi tempat tidur secara perlahan dan gunakan satu tangan menahan tubuh untuk membantu posisi duduk, kedua kaki diayunkan turun ke sisi tempat duduk. Duduklah sebentar, lalu baru berdiri. 
 
Sebagai informasi, Mitra Keluarga Bekasi Timur sedang menawarkan promo paket Ginjal Sehat hingga 31 Mei 2019. 
 
Paket Ginjal Sehat meliputi pemeriksaan fisik, laboratorium, ureum, kreatinin, asam urat, dan urin lengkap dengan harga Rp199.000.
 
Untuk paket Ginjal Sehat Plus dengan harga Rp799.000 pasien akan mendapatkan pelayanan pemeriksaan fisik, USG ginjal, laboratorium, ureum, kreatinin, asam urat, dan urin lengkap.
 
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi (021) 899-99-222 atau kunjungi www.mitrakeluarga.com
 
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 192 Kali
Berita Terkait

0 Comments