Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 08/07/2019 09:32 WIB

Gerindra dan PKS Lebih Baik Menjadi Oposisi

Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago
Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago
JAKARTA, DAKTA.COM -  Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menyarankan agar Gerindra dan PKS tidak perlu tergiur untuk bergabung ke pemerintahan. 
 
"Saran saya, Gerindra dan PKS yang menjadi tulang punggungnya harus mampu mengoreksi kontrol sebagai penyeimbang kekuasaan ini," ungkap Pangi di Jakarta pada Senin (8/7).
 
Pangi menjelaskan jika memilih bersikap untuk berada di luar pemerintahan tidak selalu buruk, pasalnya keberadaan mereka memang dibutuhkan untuk mengontrol dan mengkritisi apabila ada kebijakan pemerintah yang merugikan rakyat. 
 
"Jadi oposisi itu jangan selalu dianggap negatif, oposisi dapat dianggap konstruktif apabila mampu mengekspos ketidakadilan dan berpihak pada kepentingan aspirasi rakyat," imbuhnya. 
 
Menurut Pangi, hal ini memang lazim terjadi di sebuah negara yang menganut sistem demokrasi, terutama apabila negara tersebut hanya menganut sistem dua partai saja seperti Amerika Serikat dan Inggris.
 
"Yang menang Pemilu langsung menjadi partai penguasa, yang kalah Pemilu langsung memahami posisinya memainkan peran menjadi oposisi," tutupnya. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 384 Kali
Berita Terkait

0 Comments