Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 13/04/2019 11:38 WIB

Ini Misi Calon Dirum PDAM Tirta Patriot Bekasi

Ilustrasi PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi
Ilustrasi PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi

BEKASI, DAKTA.COM - Dirum PDAM Tirta Patriot Bekasi, Ali Imam Faryadi yang akrab dengan panggilan Bang Ali memaparkan tentang apa-apa saja yang akan dilakukan olehnya dan alasan dirinya kembali mengikuti pemilihan calon Dirum PDAM Tirta Patriot. Salah satunya karena ia menyukai tantangan.

Awalnya pengalaman menjadi dewan pengawas di Tirta Patriot Kota Bekasi, kemudian berlanjut di Titra Bhagasasi dan sekarang menjadi Satuan Pengawasan Internal (SPI) di RSUD Kota Bekasi.

“Pengetahuan pengalaman itulah yang membuat saya sangat tertarik untuk terjun langsung di eksekutif. Karena ada satu tantangan besar di Bekasi, dimana pelayanan di Kota Bekasi baru 30%  itupun gabungan Patriot dengan Bhagasasi. Apalagi sekarang  Pariot merupakan dinding sektor utama dari pemerintah kota untuk melakukan pengembangan, artinya bahwa ada sebuah tantangan  dan alhamdulillah memang  saya suka tantangan. Kedepannya harus ada trobosan - trobosan masif yang dilakukan oleh Patriot dalam capaian pelayanan sebesar 70% dan ini perbedaannya masih sangat jauh dan ini menjadi dasar saya kembali  ikut seleksi Dirum ini,” ngkap bang Ali pada Jumat (12/4).

Bang Ali memaparkan salah satu misinya yaitu menyiapkan rekomedasi managemen peralihan aset dari PDAM ke Bhagasasi, artinya tingkatan diksi PDAM juga harus membantu pemerintah kota dan kemudian satu manajemen yang bisa dibuat agar peralihan aset itu sesuai dengan harapan. Tentunya banyak kajian di dalamnya salah satunya bagaimana kita mengkaji dampak ekses neraca  keuangan patriot dan kepegawaian harus siapkan.

"SDM kita akan dorong dengan model-model pelatihan agar pegawai itu meningkat kualitasnya sesuai perspektif  kita. Pertama dedikasi, bagaimana jiwa pengabdian dan tanggung jawab pegawai terhadap yang dikerjakan," katanya.

 

Menurutnya, seorang pegawai harus tau kapsitas dan kreadibilitasnya sampai mana kemampuan dirinya  dalam bekerja. Kemudian inovatif, ketika dia bekerja tidak pernah puas dengan hasilnya artinya pegawai harus mencari terobosan-trobosan baru agar kemudian hasilnya terus baik.

 

"Seorang pegawai juga harus memiliki kosentrasi yang kuat, fokus, dan terakhir ulet. Bagaimana pegawai tidak merasa puas, tidak pernah putus asa, tapi terus cari  cara cara lain untuk meraih sebuah keberhasilan. Itu 5 prinsip yang akan didorong dalam penggawaian,” ucap Bang Ali.

Kemudian hal lain yang diperlukan adalah dibentuknya  unit reaksi respon cepat. Satu kelompok kerja yang secara cepat meneruskan dari sebuah  keluhan masyarakat atau komplen dari masyarakat. Kelompok reaksi cepat ini bisa langsung  dibawah kendali direksi  agar akan langsung dikontrol oleh direksi bukan lagi dibawah bagian.

 

"Karena apa, ini penting menyangkut persoalan  bagaimana kita  menciptakan sebuah  pelayanan yang prima agar masyarakat puas terhadap pelayanan terhadap kinerja PDAM," tambahnya.

Baru 30% warga Bekasi yang mendapatan pelayanan air PDAM, artinya masih ada sekitar 70% lebih warga masyarakat Bekasi yang belum terairi air PDAM, sementara keterbatasan modal atau dana dari APBD.

“Kalau pengembangan saya yakin banyak pihak ketiga yang ingin berinvestasi, tapi kita cek terlebih dahulu misalkan di Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Dirjen SDA) itu terkait dengan ketersediaan air baku. karena kalimalang atau tarung barat itu memang untuk Jakarta bukan untuk Bekasi, kalaupun ada itu kita  hanya dapat sedikit, karena hanya terlewati, istilahnya bonus wilayah, ujarnya.

Ia kan memfokus pada kali Bekasi sama kali Cikeas, jika kali Cikeas itu banyak limbah beracun dan sebagainya, yang saya ketahui perspektif bahwa itu bisa dipakai atau tidak jadi air baku adalah nanti diuji ketika musim kemarau paling parah artinya berapa kubikasinya mampu untuk sebuah produksi.

 

"Dipilih atau tidak dipilih itu adalah urusan lain dan kembali kepada bagaimana keikhlasan kita ketika memang bahwa niat kita adalah ingin mengabdi kepada masyarakat melalui tangannya walikota ketika kita  bicara soal pelayanan air bersih di bidang perkotaan melalui PDAM Tirta patriot," tutupnya.

Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 198 Kali
Berita Terkait

0 Comments