Pemilu 2019 /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 12/04/2019 11:52 WIB

KPU Utus Tim Investigasi ke Malaysia

Komisioner KPU Wahyu Setiawan
Komisioner KPU Wahyu Setiawan

JAKARTA, DAKTA.COM - Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan memastikan pihaknya telah menunjuk dua orang komisioner untuk mencari informasi valid terkait surat suara yang telah tercoblos di Malaysia.

"Sejak mendapatkan informasi itu kemarin, kami langsung berkoordinasi dengan petugas 
panitia pemilihan luar negeri (PPLN) yang berada disana untuk mencari kejelasan peristiwa tersebut," ungkap Wahyu.

Oleh karena itu, Wahyu menyatakan langsung mengutus dua orang komisioner untuk melakukan klarifikasi dan mencari informasi lebih utuh terkait peristiwa tersebut.

"Hari ini, kami telah mengutus Pak Hasyim Ashari dan Pak Ilham Saputra bersama tim dari Bawaslu untuk melakukan investigasi ke lokasi penemuan," imbuhnya.

Wahyu mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan menunggu apa hasil dari investigasi tim gabungan bersama Bawaslu ketika kembali dari Malaysia.

"Kami meminta masyarakat untuk berhati-hati, sabar, serta bijaksana dalam menyikapi hal itu, sambil menunggu apa hasil dari tim kami yang berada disana," tutupnya.

Sebelumnya sebuah video beredar di berbagai sosial media mengenai temuan sejumlah surat suara yang telah tercoblos di Selangor, Malaysia.

Dari video tersebut, beberapa petugas menemukan ribuan surat suara di sebuah gudang yang ternyata telah tercoblos untuk pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada surat suara Pilpres, dan seorang caleg Partai Nasdem untuk surat suara DPR RI.

Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 115 Kali
Berita Terkait

0 Comments