Pemilu 2019 /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 12/04/2019 08:12 WIB

Kabar Surat Suara Tercoblos, Bawaslu Kirim Tim Investigasi ke Malaysia

Konferensi pers Bawaslu soal surat suara yang tercoblos Malaysia, Kamis (11/4/2019) malam.
Konferensi pers Bawaslu soal surat suara yang tercoblos Malaysia, Kamis (11/4/2019) malam.

JAKARTA, DAKTA.COM - Bawaslu RI menyatakan akan langsung mengirim tim untuk mengecek kebenaran surat suara yang telah tercoblos di Selangor, Malaysia. Hal ini disampaikan oleh Komisioner Bawaslu M Afifudin dalam konferensi persnya di Jakarta, Kamis (11/4) malam.

"Kalau ditanyakan ke jajaran kami, apakah peristiwa itu benar adanya, peristiwanya ada, hanya kami akan memastikan untuk kami dalami bersama KPU, besok (Jumat) akan langsung berangkat," ungkap Afifudin.

Setelah itu, Afif menjelaskan mereka akan menginvestigasi mengenai keabsahan surat suara dan jalur distribusinya sehingga mereka tidak mau berspekulasi terlebih dahulu mengenai kabar tersebut.

"Pertama akan kami konfirmasi, selidiki, investigasi bersama KPU. Surat suara disimpan dimana? Apa surat suara benar-benar dicetak KPU? Siapa melakukan?, dan lain-lain. Kami pastikan lagi dalam klarifikasi dan investigasi," tutupnya.

Sebelumnya Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yaza Azzahara Ulyana memaparkan kronologi penemuan surat suara yang telah tercoblos berawal dari laporan relawan PADI pada Kamis siang waktu setempat.

Dari laporan itu, Yaza bersama seorang anggota Panwaslu Kuala Lumpur, mendatangi lokasi temuan surat suara tercoblos di Taman University Sungai Tangkas Bangi, Selangor.

Saat dibuka, beberapa surat suara pilpres telah dicoblos untuk pasangan calon nomor urut 01. Sedangkan surat suara Pileg ada yang sudah tercoblos untuk caleg dari Partai NasDem DPR RI. **

 

Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 190 Kali
Berita Terkait

0 Comments