Nasional /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 05/07/2019 13:54 WIB

Tips Nyaman ke Luar Kota dengan Bus untuk Pemula

Ilustrasi di bus
Ilustrasi di bus
DAKTA.COM - Belum pernah lakukan perjalanan seorang diri menggunakan bus antarkota antarpropinsi? Tidak usah khawatir! Yuk, intip beberapa tips ini agar kamu nyaman menikmati perjalanan hingga sampai ke tempat tujuan.
 
Naik bus malam untuk perjalanan ke luar kota terkadang jadi pilihan beberapa orang. Selain harga tiket yang terjangkau, pengalaman menaiki moda transportasi di malam hari juga memberikan sensasi tersendiri.
 
Untuk kamu yang baru pertama kali akan mencicipi moda transportasi bus malam, tidak usah khawatir apalagi jika kamu akan melakukan perjalanan seorang diri. Cukup persiapkan beberapa hal seperti di bawah ini agar perjalananmu terasa menyenangkan. Dijamin, kamu tidak akan merasa awkward ataupun bosan.
 
1. Pilih outfit yang nyaman
Persiapan diri jadi poin terpenting untuk kamu yang ingin bepergian dengan bus antarkota. Sebagai pemula, hal utama yang harus dilakukan adalah siapkan diri sebaik-baiknya. Pilih outfit yang nyaman dipakai. Jika kamu ingin memberi kesan rapi saat sampai di tempat tujuan, hindari pakaian dengan bahan jenis katun karena mudah kusut.
 
Berkendara dengan bus akan membutuhkan waktu tempuh cukup lama. Untuk penumpang pria, kamu sebaiknya memilih celana atau jeans yang potongannya agak longgar. Untuk penumpang wanita, pilihlah celana atau rok yang  simpel agar kamu tidak kesulitan saat harus ke toilet. Hindari sepatu atau sandal yang memiliki banyak tali atau terlalu sempit agar sirkulasi darah tetap lancar, sehingga kaki tidak bengkak.
 
2. Bawa bekal secukupnya
Siapkan camilan favorit dan juga air mineral. Saat makan, tidak ada salahnya kamu menawarkan camilan ke penumpang yang duduk di bangku sebelah. Jangan lupa bawa tisu basah dan tisu kering. Selain dipakai untuk membersihkan tangan setelah ngemil, dua jenis tisu ini juga akan sangat berguna saat kamu ke toilet.
 
Biasanya, bus malam menyediakan beberapa tempat sampah di sepanjang gang. Kumpulkan dahulu sampah milikmu di satu kantong lalu buang ke tempat sampah yang sudah disediakan.
 
3. Pisahkan barang bawaan
Tas besar berisi pakaian sebaiknya disimpan di bagasi bus. Kamu bisa minta tolong asisten supir untuk ini sesaat sebelum naik ke dalam bus. Tidak hanya itu, oleh-oleh dan barang bawaan lain yang tidak mudah rusak juga sebaiknya dimasukkan ke dalam bagasi. Kamu hanya perlu membawa tas yang berisi barang berharga seperti telepon genggam, dompet, laptop, dan identitas diri.
 
4. Siapkan hiburan
Lakukan perjalanan jauh untuk pertama kali mungkin rasanya agak canggung apalagi jika kamu bepergian seorang diri. Oleh karena itu, ada baiknya kamu persiapkan hiburan agar waktu tempuh tidak terasa membosankan.
 
Tonton film atau acara favorit lewat ponsel bisa jadi pilihan tepat, apalagi jika kamu pengguna setia kartu simpati. Cukup beli paket internet Simpati, pilih jumlah kuota yang kamu inginkan dengan budget yang sesuai kantong, lalu nikmati film atau acara favorit secara santai. Satu yang harus diingat, pakailah earphone saat menonton agar tidak mengganggu penumpang yang duduk di sebelahmu, ya.
 
5. Minum obat dan vitamin
Perkara mabuk darat bisa ditemui saat kamu naik bus malam. Sebagai pencegahan, kamu bisa mengonsumsi obat antimabuk atau minuman hangat seperti teh atau kopi hitam sesaat sebelum berangkat. Kamu juga bisa sediakan minyak aromaterapi dengan aroma yang menenangkan seperti kayu putih, mentol, dan lain-lain. Agar kondisi badan lebih prima, konsumsi vitamin di pagi hari. Untuk menghindari kemungkinan adanya aroma tidak sedap saat di dalam bus, kamu bisa membawa masker atau sapu tangan untuk menutupi hidung.
 
Bepergian ke luar kota dengan bus malam memang melelahkan. Akan tetapi, bus malam juga menawarkan sensasi dan pengalaman tersendiri yang tidak dimiliki oleh moda transportasi lain. Jadi, jangan ragu untuk mencoba bus malam untuk petualangan barumu!
Reporter :
Editor :
- Dilihat 993 Kali
Berita Terkait

0 Comments