Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 04/07/2019 10:20 WIB

Pemkab Bekasi Belum Mampu Atasi Persoalan Kekeringan

Ilustrasi kekeringan
Ilustrasi kekeringan
CIKARANG, DAKTA.COM - Kabupaten Bekasi mengalami kekeringan, yang terjadi di kecamatan bagian selatan diantaranya Cibarusah, Bojongmangu, Serang Baru, dan Cikarang Selatan.
 
Warga yang terdampak kekeringan, sangat kesulitan mendapatkan air bersih, bahkan terpaksa mengambil air di sungai meski airnya kotor dan sudah kering.
 
Ditanya mengenai adanya kekeringan yang terjadi di wilayahnya, Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengaku belum mampu mengatasi persoalan kekeringan di wilayahnya yang terjadi setiap tahun.
 
Meski begitu, Eka mengatakan pemerintah daerah telah melakukan upaya dalam penanganan kekeringan dengan mengirimkan mobil tangki air bersih melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ke wilayah yang terdampak kekeringan.
 
"Untuk sementara kami hanya bisa mengirimkan air bersih, solusi jangka panjangnya masih dalam perencanaan dengan membangun jaringan pipa milik PDAM," ucap Eka di Cikarang, Kamis (4/7).
 
Eka mengakui, pembangunan jaringan pipanisasi milik PDAM bagi warga nantinya dapat mengatasi kekeringan yang terjadi setiap tahun, tetapi hal itu belum dapat dilakukan dalam waktu dekat mengingat perlu adanya perencanaan dan anggaran yang sangat besar.
 
Sementara itu kekeringan terjadi di Kecamatan Cibarusah, berdasarkan data kecamatan, sebanyak 2000 lebih kepala keluarga kesulitan mendapatkan air bersih, selain itu 50 hektare lahan sawah terancam gagal panen akibat kekeringan. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 228 Kali
Berita Terkait

0 Comments