Nasional /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 03/07/2019 17:24 WIB

Antusiasme Polri Mencalonkan Anggotanya Pimpin KPK Periode 2019-2023, Masih Teka-Teki?

JAKARTA, DAKTA.COM - Pendaftaran calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan dibuka hingga esok Kamis, 4 Juli 2019. Hingga hari ini tercatat 181 orang mendaftar seleksi pimpinan KPK periode 2019-2023.
 

"Sudah 181 pendaftar," ujar Anggota Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) Jilid V, Indriyanto Seno Adji, Rabu (3/7).

 

Dari 181 pendaftar, ada sembilan orang dari Polri. Sembilan nama perwira tinggi (Pati) Polri yang mencalonkan diri menjadi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) disebut telah melaporkan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN).
 

Sebelumnya, Polri memastikan 9 perwira tinggi aktif yang mencalonkan diri sebagai pimpinan KPK sudah melaporkan harta kekayaannya melalui LHKPN.

 

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo mengungkapkan LHKPN itu tidak hanya dilaporkan 9 Pati Polri aktif ketika akan mencalonkan diri sebagai calon pimpinan KPK. Jauh sebelumnya juga sudah dilaporkan sebelum para calon tersebut menjabat di struktural Polri.

 

Berdasarkan LHKPN yang dirilis KPK, hanya dua dari sembilan perwira tinggi Polri yang telah melaporkan harta kekakayaannya ke KPK pada periode 2018. Keduanya adalah Wakabareskrim Polri Irjen Po.l Antam Novambar dan Pati Bareskrim Polri Irjen Pol. Dharma Pongrekom. Sementara tujuh Pati Polri lainnya terlihat tidak melaporkan harta kekayaannya pada periodik tahun 2018. Bahkan, ada yang terakhir melaporkannya pada tahun 2007 silam.

 

Terkait dengan ikutnya sembilan Pati Polri tersebut,  dalam wawancara eksklusif bersama Dakta (28/6), Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW), Adnan Topan Husodo mengatakan bahwa antusiasme Polri dalam mencalonkan sembilan anggotanya dalam kontestasi Capim KPK untuk periode 2019-2023 perlu diselidiki. Dimana antusiasme Polri dalam pemilihan Capim KPK tidak terlihat pada periode-periode sebelumnya. (Izal)

Editor : Andy Faizal
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 307 Kali
Berita Terkait

0 Comments