Oase Iman /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 12/07/2015 10:30 WIB

Menyebarkan Kebenaran Sudah Pasti Banyak Resikonya

0ase iman   Copy
0ase iman Copy

 Menyebarkan kebenaran sudah pasti banyak resikonya. Bahkan resiko itulah yang kita tangkap dari sirah Rasulullah, para nabi sebelumnya dan para salafushalih. Tapi semoga kita tak pernah lari dari medan ini. Lari dari medan ini, sebenarnya adalah menghindari dari medan kehidupan yang menguji  dan meningkatkan kualitas iman dan kesabaran. Orang yang cenderung menyendiri, menghindar dari resiko menyebarkan kebenaran  dan menyepi dari ragam pergulatan itu disinggung  oleh Mustafa Shadiq Ar Rafi’i dalam ungkapannya, “ orang itu mengira telah lari dari kekotoran (dari berbaur dengan banyaknya manusia) kepada kemuliaan. Padahal sebenarnya, ia lari dan menghindar dari kemuliaan itu sendiri”

Apa artinya menjaga diri dari kemaksiatan, memiliki sikap amanah, jujur, berbakti, dan semua moral baik bila ia tinggal di tengah padang pasir atau di puncak gunung sendirian? Apakah ada yang mengakui kejujuran sebagai akhlak mulia, bila tidak ada orang  di sekitarnya, kecuali pohon dan bebatuan? Demi Allah, orang yang lari dari perang terhadap keburukan adalah orang yang melepas semua keutamaan.

Jika dahulu di awal kenabian, Jibril alaihissalam mendekap erat-erat Rasulullah Saw, hingga tiga kali di gua Hira dengan mengatakan “ Iqra bismirabbikalladzi khalaq”. Kemudian pada kesempatan yang lain Rasulullah memeluk anak pamannya Abdullah bin Abbas radaiallahuanha dalam dekapannya sambil mengatakan “ Allahumma ‘allimhul Qur’an”, ya Allah ajarkan ia Al Qur’an. Sekarang, mari kita rangkul orang orang sekeliling kita. Tuntun tangan mereka, dekap erat-erat mereka, lalu tanamkan cahaya kebenaran dalam hatinya.

Sungguh, ada kebahagian tulus dalam hati, saat kita bisa memberi petunjuk kepada mereka yang tengah terombang ambing. Benar-benar sebuah kebanggaan, saat kita berhasil menolong dan meluruskan langkah mereka kembali di jalan Allah Swt. “Duhai hilang rasa laparku. Lenyap dahagaku, tak ada lagi rasa dingin ketika ada seseorang menjadi seperti ini dibawah didikanku?” begitu Abdul Qodir Al Kailani menggambarkan kegembiraannya.

Memerlukan waktu yang lama. Memerlukan pengorbanan yang sangat banyak. Tapi tak ada lagi jalan lain  yang lebih selamat. Semoga Allah mengantarkan kita ke puncak kemuliaan di dunia dan mengizinkan kita menghirup kenikmatan surga Firdaus.

Editor :
Sumber : Ulil Albab
- Dilihat 3826 Kali
Berita Terkait

0 Comments