Nasional /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 09/04/2019 15:18 WIB

Indonesia Rawan Masuk 'Middle Income Trap'

Diskusi Review Ekonomi Triwulan pertama 2019 dan Menjelang Debat Pilpres kelima
Diskusi Review Ekonomi Triwulan pertama 2019 dan Menjelang Debat Pilpres kelima
JAKARTA, DAKTA.COM - Core Indonesia menggelar diskusi media dengan tema Review Ekonomi Triwulan pertama 2019 dan Menjelang Debat Pilpres kelima tentang perekonomian. 
 
Dalam kesempatan ini, Direktur Eksekutif Core Indonesia Mohammad Faisal mengemukakan bahwa perekonomian Indonesia akan terjebak dalam perangkap pendapatan kelas menengah (middle income trap) karena pertumbuhan ekonomi yang tidak mampu bergerak di angka 5%. 
 
"Jika kita terjebak dalam middle income trap, maka kita tidak akan pernah bisa menjadi sebuah negara yang maju. Apalagi ke depan kita dihadapi dengan bonus demografi," papar Faisal di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat pada Selasa (9/4).
 
Faisal mengemukakan meskipun angka pertumbuhan ekonomi masih berada di atas 5%, namun ketimpangan perekonomian antar daerah masih sangat tinggi
 
"Sejak 20 tahun terakhir, atau saat krisis 1998 silam, wilayah Pulau Jawa tetap menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi terbesar yakni sebanyak 59% dibandingkan wilayah lainnya," imbuhnya. 
 
Sebagai informasi, Negara yang masuk ke dalam perangkap pendapatan menengah akan kehilangan keunggulan kompetitif mereka dalam mengekspor barang-barang jadi karena gaji pekerja di negara tersebut meningkat. 
 
Pada saat yang sama, negara ini tidak mampu bersaing secara ekonomi dengan negara-negara maju di pasar dengan nilai tambah yang tinggi. 
 
Negara-negara ini akan menghadapi masalah berupa investasi yang rendah, pertumbuhan industri yang lambat, diversifikasi industri yang kurang dan kondisi lapangan kerja yang buruk.
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 128 Kali
Berita Terkait

0 Comments