Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 21/06/2019 09:23 WIB

Mengenal Layanan Bedah Vaskular dan Endovaskular

Bincang Sehat dr. Danny Pratama, Sp.B(K)V dari Mitra Keluarga Bekasi Timur
Bincang Sehat dr. Danny Pratama, Sp.B(K)V dari Mitra Keluarga Bekasi Timur
BEKASI, DAKTA.COM - Bedah vaskular dan endovaskular merupakan penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah baik arteri, vena ataupun limfatik kecuali prosedur pada jantung dan otak.
 
Penyakit terkait vaskular diantaranya diabetes, penyakit pembuluh darah aorta, penyakit thrombosis vena dalam (DVT), tumor, stroke, penyakit hipertensi portal, dan sebagainya.
 
Orang terdiagnosa dengan penyakit yang berhubungan dengan vaskular, terutama sudah kompleks maka disarankan melakukan pembedahan.
 
dr. Danny Pratama, Sp.B(K)V selaku spesialis Vascular dan Endovascular dari Mitra Keluarga Bekasi Timur menjelaskan layanan bedah vaskular dan endovaskular bagi penyakit luka kaki penderita diabetes.
 
Penyakit luka kaki diabetik merupakan penyebab utama kejadian amputasi tungkai pada kasus non trauma. Diperkirakan 15 persen luka kaki diabetik berakhir dengan amputasi dimana setengahnya adalah amputasi mayor (diatas pergelangan kaki). 50 persen penderita yang mengalami amputasi akan mengalami amputasi yang kedua dalam waktu kurang dari 5 tahun. 
 
"Bagi seorang subspesialis bedah vaskular dan endovaskular dapat mendiagnosis ada atau tidaknya penyakit vaskular pada kaki diabetes, kami mampu melakukan pembersihan luka dan perawatan luka dengan metode modern dan melakukan revaskularisasi apabila ditemukan adanya sumbatan atau penyakit pembuluh darah," kata dr Denny Pratama dalam Bincang Sehat di Radio Dakta, Jumat (21/6).
 
Selain penyakit luka kaki diabetes, subspesialis vaskular dan endovaskular membantu penderita embolisasi tumor.
 
"Hampir semua jenis tumor tumbuh akibat adanya pembuluh darah yang memberi pasokan darah kedalam tumor tersebut," ucapnya. 
 
Tindakan embolisasi adalah tindakan intervensi dengan cara minimal invasif dengan menutup pembuluh darah selektif yang signifikan memberikan pasokan darah kepada tumor, dengan demikian perkembangan tumor bisa dihambat.
 
Menurutnya, pada kasus tumor yang akan dilakukan adalah tindakan operasi eksisi, atau eksisi luas maka tindakan embolisasi dapat membantu membuat perdarahan yang terjadi menjadi lebih sedikit dan perdarahan lebih mudah dikontrol sehingga mampu membebaskan tumor.
 
Tindakan tersebut membutuhkan kerjasama dengan ahli bedah lainnya seperti ahli Digestif (pencernaan), bedah Onkologi (tumor), dan bedah Urologi.
 
Mitra Keluarga Bekasi Timur aktif memberikan edukasi kepada dokter-dokter umum, salah satunya melalui Simposium Ilmiah pada Kamis, 4 Juli 2019 pukul 11.00 WIB di Mitra Keluarga Bekasi Timur.
 
Mitra Keluarga Bekasi Timur juga akan menyelenggarakan seminar kesehatan "Mengapa Perlu Vaksin Flu?" Pada Ahad, 30 Juni 2019 pukul 09.00 WIB di Auditorium Lt. 5 Mitra Keluarga Bekasi Timur.
 
Informasi pendaftaran dan terkait layanan di Mitra Keluarga Bekasi Timur dapat menghubungi (021) 89.999.222 atau WhatsApp 0857-1260-1095 (Bella).
 
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1636 Kali
Berita Terkait

0 Comments