Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 02/07/2019 08:49 WIB

Pendidikan Kewirausahaan di Era Revolusi Industri 4.0

Ketua Pusat Kewirausahaan dan Karir FKIP UHAMKA Desak Made Darmawati
Ketua Pusat Kewirausahaan dan Karir FKIP UHAMKA Desak Made Darmawati
BEKASI, DAKTA.COM - Entrepreneur atau wirausahawan merupakan orang yang melakukan aktivitas wirausaha dengan kreativitas dan inovasi. 
 
Ketua Pusat Kewirausahaan dan Karir FKIP Uhamka, Desak Made Dharmawati, S.Pd., MM., menilai entrepreneur tidak selalu diartikan berjualan, tetapi yang penting memiliki kreatif dan inovatif dalam menciptakan suatu produk.
 
"Pelaku wirausaha harus punya jiwa berani untuk menciptakan sesuatu produk yang baru. Wirausahawan juga harus mandiri dan tidak menggantungkan dirinya dengan orang lain," katanya dalam Bincang Pendidikan di Radio Dakta, Kamis (27/6).
 
Dosen mata kuliah Kewirausahaan FKIP Universitas Prof. dr Hamka (Uhamka) ini mengatakan, pihaknya tidak hanya mengajarkan tentang ilmu pengetahuan dan praktek saja tetapi juga sangat menekankan attitude, kemandirian, dan inovatif dalam menilai mahasiswanya.
 
"Sehingga nanti output-nya mahasiswa mampu menghasilkan suatu produk yang bisa di ekspos ke luar atau mengikuti kompetisi," ucapnya.
 
Dalam mendukung industri 4.0, Uhamka memiliki laboratorium wirausaha dan sertifikasi pendamping kewirausahaan. Hal itu juga agar mendorong mahasiswa siap mengahadapi persaingan di era industri 4.0.
 
Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa Rasulullah SAW juga seorang entrepreneur, artinya Islam mengajarkan cara berwirausaha dengan baik dan jujur.
 
"Dalam Al Qur'an juga dijelaskan bahwa harus balance antara dunia dan akhirat. Allah pun senang dengan orang yang berkarya dan tidak suka orang-orang yang meminta-minta," paparnya.
 
Sebagai informasi, Uhamka masih membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa dengan jadwal pendaftaran gelombang satu (2 Januari-25 Mei), gelombang dua (27 Mei-13 Juli), gelombang tiga (15 Juli-16 Agustus), gelombang empat (19 Agustus-14 September).
 
Informasi lebih lanjut kunjungi www.uhamka.ac.id/reg atau hubungi 0858-1300-16000. **
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 284 Kali
Berita Terkait

0 Comments