Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 04/04/2019 13:36 WIB

Mensos Targetkan 800 Ribu Penerima PKH Tak Lagi Terima Bantuan

Menteri Sosial Agus Gumiwang menyalurkan bantuan sosial PKH bagi masyarakat Kabupaten Bekasi
Menteri Sosial Agus Gumiwang menyalurkan bantuan sosial PKH bagi masyarakat Kabupaten Bekasi
CIKARANG, DAKTA.COM - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menargetkan 800 ribu yang menerima program keluarga harapan (PKH) tidak lagi mendapatkan bantuan dari pemerintah.
 
Agus mengatakan di Jawa Barat jumlah PKH sebanyak 1,7 juta penerima. Jumlah itu cukup besar jika dibandingkan dengan provinsi lain.
 
"Oleh karena itu, dengan adanya program tersebut diharapkan bisa mengentaskan kemiskinan dan gini ratio serta manfaatnya bisa dirasakan langsung penerima," katanya usai menghadiri pemberian bantuan bagi PKH dan penerima bantuan non tunai bagi masyarakat Kabupaten Bekasi di Gedung Serbaguna Cikarang Selatan, Kamis (4/4).
 
Ia mengklaim berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah angka kemiskinan bisa ditekan yang sebanding dengan peningkatan koefisien gini (gini ratio).
 
"Sebanyak 800 ribu penerima manfaat di tahun ini ditargetkan bisa diluluskan agar mereka tidak lagi mendapat bantuan sehingga masyarakat miskin lainnya bisa mendapat program tersebut," katanya.
 
Tahun lalu saja, 600 ribu penerima diluluskan sudah tidak lagi mendapat bantuan tersebut.
 
Penerima bantuan juga diarahkan untuk menjalani kegiatan pemberdayaan yang dimiliki oleh Kemensos, agar mereka bisa mandiri dan tidak lagi menjadi warga miskin.
 
Berkaitan dengan ketidaksinkronan data, Agus juga berharap pemerintah daerah mampu memiliki cara agar data penerima valid.
 
"Dibeberapa wilayah di Jawa Tengah, data penerima manfaat dipublikasikan secara terbuka di kelurahan, sehingga masyarakat bisa melihat masyarakat mana yang perlu diberikan bantuan atau tidak," ungkapnya.
 
Menariknya, ada masyarakat yang masuk ke dalam daftar penerima mengundurkan diri, karena sudah merasa mampu dan digantikan oleh masyarakat lain yang benar-benar membutuhkan. **
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 336 Kali
Berita Terkait

0 Comments