Pemilu 2019 /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 04/04/2019 13:59 WIB

Bawaslu Tidak Tegas, Publik Ragukan Pemilu Bersih

Ilustrasi Pemilu
Ilustrasi Pemilu
JAKARTA, DAKTA.COM - Direktur Lingkar Madani Indonesia, Ray Rangkuti menilai ketidaktegasan Bawaslu membuat persepsi publik jika Pemilu serentak 2019 berpotensi menimbulkan kecurangan. 
 
Ray mengaku tidak menyetujui upaya adanya pengerahan massa apabila ditemukan kecurangan pada pelaksanaan pemilu, tetapi dirinya juga mengkritik mengenai kurangnya upaya Bawaslu untuk menindak setiap pelanggaran pemilu. 
 
"Jadi Bawaslu ini tidak responsif dalam setiap kejadian, misalnya saat ada menteri yang memberi amplop kepada seorang Kiai, sampai saat ini kan tidak ada tindak lanjut dari mereka," ungkap Ray saat diskusi bersama Formappi di kawasan Matraman, pada Kamis (4/4).
 
Hal inilah yang menurutnya dikhawatirkan akan menambah kecurigaan publik terkait potensi kecurangan pemilu.
 
"Karena Bawaslu tidak tegas, maka timbul imajinasi dan persepsi publik bahwa jangan-jangan benar jika pemilu ini banyak terjadi kecurangan, nah ini yang bahaya," imbuhnya. 
 
Sebelumnya muncul pernyataan dari pendiri PAN sekaligus mantan Ketua MPR RI Amien Rais yang mengancam akan melakukan pengerahan massa turun ke jalan apabila ditemukan adanya kecurangan pada pelaksanaan Pemilu serentak 2019. 
 
Amien mengaku enggan membawa masalah itu ke MK karena menurutnya tidak ada satupun lembaga negara ini yang dapat dipercaya untuk mengatasi masalah kecurangan pemilu. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 409 Kali
Berita Terkait

0 Comments