Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Senin, 01/04/2019 13:44 WIB

Tanggul Jebol di Bekasi Hanya Ditambal Karung Pasir

Perbaikan tanggul jebol di wilayah Perumahan Cahaya Kemang Permai
Perbaikan tanggul jebol di wilayah Perumahan Cahaya Kemang Permai
BEKASI, DAKTA.COM - Tanggul jebol yang berada di Perumahan Cahaya Kemang Permai, Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Senin (1/4) mulai ditambal dengan menggunakan sandbag atau karung pasir. Penanganan darurat ini dilakukan untuk menghindari limpasan air ke permukiman warga saat debit air Kali Cakung kembali naik.
 
Kepala Bidang Sumberdaya Air (SDA) Yudianto menyampaikan, pihaknya sudah melakukan penanganan darurat pada tanggul jebol sepanjang 15 meter tersebut. Penanganan ini dilakukan sambil menunggu pembangunan tanggul permanen. 
 
"Penanganan darurat sudah dilakukan oleh tim dari BBWSCC (Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane) setelah kita koordinasikan kemarin (31/3) saat kejadian berlangsung," ungkap Yudi saat dikonfirmasi, Senin (1/4).
 
Menurut Yudi, tanggul jebol diduga terjadi akibat curah hujan yang cukup tinggi pada Ahad (31/3) kemarin. Dinding tanggul yang jebol merupakan bagian peninggian turap yang diplester. Debit air yang meningkat membuat tambalan turap jebol sepanjang 15 meter dan tinggi sekitar 1,5 meter. 
 
"Pagi ini mereka sudah mulai menambal di lokasi kejadian, penambalan dilakukan hanya dengan sandbag," kata dia. 
 
Yudi mengatakan, penyusunan sandbag di lokasi kejadian merupakan upaya untuk membuat tanggul dengan menggunakan karung yang diisi dengan pasir. Meski bersifat sementara, namun metode penyusunan sandbag harus diperhatikan agar ketat, rapat, dan kuat. Sehingga, mampu menahan peningkatan volume debit air. 
 
Yudi menjelaskan, perbaikan secara permanen setidaknya baru bisa dimulai empat hari ke depan. Sebab pihaknya butuh persiapan. 
 
"Kami butuh membersihkan lapangan area kerja, mobilisasi material, mobilisasi alat dan lain sebagainya," tandas dia. **
Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
- Dilihat 1390 Kali
Berita Terkait

0 Comments